Kemenag Sumut: Jumlah Pernikahan Menurun Selama Pandemi Corona
Ilustrasi akad nikah di masa pandemi Covid-19. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
News
Kota Medan

Kemenag Sumut: Jumlah Pernikahan Menurun Selama Pandemi Corona

Jumat, 28 Agustus 2020 16:38 WIB 28 Agustus 2020, 16:38 WIB

INDOZONE.ID - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara (Kanwil Kemenag Sumut) mencatat jumlah pasangan yang menikah di Sumut mengalami penurunan. Penurunan itu terjadi karena adanya pandemi virus corona.

Sejak periode Januari hingga akhir Juli 2020 lalu, tercatat hanya ada sekitar 43.414 pernikahan yang berlangsung di Sumatera Utara. Padahal di periode yang sama pada tahun lalu, jumlah pernikahan mencapai 60 ribu lebih.

Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumut, Dr H Syafii, Jumat (28/8) mengatakan ada beberapa faktor yang membuat jumlah pernikahan di Sumut menurun. Salah satunya karena adanya larangan dari pemerintah untuk melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak akibat pandemi virus corona.

Lalu, ada faktor dari masyarakat itu sendiri yang memang sengaja tidak ingin melakukan kegiatan bersifat seremonial seperti resepsi pernikahan.

"Dan ada juga sebagian masyarakat yang menunggu untuk melaksanakan pernikahan atau walimatul ursy usai pandemi. Itu lah makanya agak menurun angka pernikahan periode ini dibanding tahun sebelumnya," jelas Syafii.

Dikatakan Syafii, untuk saat ini pemerintah melalui Kementerian Agama sudah membolehkan kembali pelaksanaan akad nikah di luar KUA. Begitu juga dengan resepsi pernikahan. Namun semua itu dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kendati demikian, meski kegiatan pernikahan sudah diperbolehkan, kata Syafii, jumlah pernikahan di Sumut belum menunjukkan adanya peningkatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US