Kamu Harus Tahu, Ini 3 Tips Merebus Telur Agar Hasilnya Sempurna
Ilustrasi merebus telur (Pixabay)
News
Nasional

Kamu Harus Tahu, Ini 3 Tips Merebus Telur Agar Hasilnya Sempurna

Jumat, 19 November 2021 08:00 WIB 19 November 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Telur adalah termasuk salah satu bahan makanan yang paling sering dikonsumsi. Sebab ada begitu banyak olahan yang  memakai bahan dasar telur. Telur juga mempunyai rasa yang lezat dan mengandung zat gizi yang diperlukan untuk tubuh.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Healthline, telur berisi banyak zat gizi, mulai dari vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalsium, asam folat, sampai fosfor. Berbagai kandungan tersebut terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Selain itu, telur juga bisa diolah ke dalam berbagai jenis 
olahan makanan yang sangat lezat. Maka dari itu, tidak heran jika telur banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat.

Salah satu jenis olahan telur yang paling mudah dan banyak dipilih sebagai menu masakan masyarakat Indonesia adalah telur rebus.

Meski kedengaran begitu mudah, tidak jarang orang gagal dalam memasak telur rebus. Mulai dari cangkangnya retak, isinya keluar, sampai tingkat kematangannya yang sulit diprediksi. Akibatnya telur rebus menjadi olahan yang tidak sempurna.

Nah, melansir dari berbagai sumber berikut ini 3 tips yang dapat menjadikan olahan telur rebus lebih sempurna.

1. Didihkan air sebelum merebus

Air mendidih saat merebus telur (Pixabay)
Air mendidih saat merebus telur (Pixabay)

Mayoritas orang merebus telur dengan cara meletakkan telur di dalam panci yang berisi air dingin kemudian dimasak sampai mendidih. Cara ini memang terlihat simpel.

Padahal ini cara yang keliru. Seba  bila kamu memakai cara ini maka kulit telur akan susah untuk dikupas. Hal ini karena selaput putih akan menempel dalam kulit telur.

Oleh sebab itu ada baiknya, bila akan merebus telur, rebus terlebih dahulu air dalam panci sampai mendidih.

Setelah mendidih, masukkan telur ke dalam panci kemudian tutup. Diamkan selama 11 menit. Hal ini perlu dilakukan supaya selaput tipis telur akan terlepas sehingga telur akan mudah dikupas.

2. Simpan di suhu ruang sebelum direbus

Telur di ruang terbuka (Pixabay)
Telur di ruang terbuka (Pixabay)

Biasanya telur akan disimpan dalam lemari es agar bisa bertahan lama. Namun, sebelum direbus, ada baiknya untuk didiamkan dalam suhu ruangan terlebih dahulu. Hal ini karena akan membantu proses perebusan menjadi lebih cepat.

Nah setelah direbus, kembali diamkan telur di dalam air es. Ini dilakukan bukan supaya telur lebih dingin dan mudah dikupas, tapi bermanfaat supaya mencegah telur menyusut secara perlahan dari cangkang.

Karena bila tidak didinginkan, telur akan mempunyai divot atau kantong udara yang akan membuat tampilannya seperti tidak penuh.

3. Perhatikan waktu merebus

Telur setengah matang (Pixabay)
Telur setengah matang (Pixabay)

Biasanya, waktu merebus telur adalah mulai dari 5 hingga 12 menit, ketika air yang berada di dalam panci sudah mendidih.
Nah bila kamu menginginkan soft-boiled egg rebus telur selama 5 menit, kemudian 7-9 menit untuk medium, dan 12 sampai 13 menit bila ingin matang sempurna.

Adapun untuk pecinta telur setengah matang, kamu bisa mengikuti tips merebus telur. Mulai dari merebus air hingga mendidih, kemudian tambahkan telur dan mulai menyalakan waktu merebus

Rebus sekitar 5 menit untuk 1 sampai 2 telur bila kamu menginginkan hasil kuning telur yang encer. Kamu juga bisa merebus telur selama 7 menit bila menginginkan kuning telur yang sedikit lebih padat tapi masih tetap matang. Bila merebus 3 sampai 4 telur, tambahkan waktu beberapa detik. Sementara, bila kamu merebus lebih dari empat telur, ada baiknya untuk merebus secara berkala.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US