Jumlah ODP Labuhanbatu Naik Jadi 205 Akibat Pelancong dan Pemudik
Ilustrasi virus corona. (airporttechnology.com)
News
Kab. Labuhanbatu Selatan

Jumlah ODP Labuhanbatu Naik Jadi 205 Akibat Pelancong dan Pemudik

Rabu, 01 April 2020 13:14 WIB 01 April 2020, 13:14 WIB

INDOZONE.ID - Pada Selasa (31/03/20), Sekretaris Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Labuhanbatu, Atia Muktar Maulana Hasibuan di Rantauprapat menyampaikan jumlah kategori ODP di Kabupaten Labuhanbatu meningkat tajam sebanyak 205 orang.

Hal ini disebabkan gejolak di suatu wilayah melakukan kebijakan lockdown untuk menahan laju COVID-19. Pihaknya juga memilah kategori ODP dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Imbasnya, warga Kabupaten Labuhanbatu yang kembali ke daerah bisa dikategorikan ODP dan OTG. Hal itu juga diperparah dengan warga yang baru kembali dari daerah pendemik COVID-19 berstatus pantauan Gugus Tugas di daerah.

"Jumlah ODP bertambah diakibatkan karena sejumlah di daerah di Lockdown juga TKI asal Malaysia di suruh kembali ke Indonesia, makanya ODP pasti akan meningkat," ujar Atia.

Atia juga menjelaskan, banyak pemudik dan mahasiswa dari Jakarta, serta TKI dari Negara Malaysia maupun pelancong dari luar Pulau Sumatera dikategorikan ODP, bahkan yang singgah dari Kota Medan juga bisa dikategorikan ODP karena kawasan pendemik COVID-19.

Pihaknya juga belum mengetahui 205 berstatus ODP di Kabupaten Labuhanbatu menunjukan gejala COVID-19. Menurut dia, pemerintah daerah terus melakukan upaya pencegahan wabah virus yang mematikan ini.

"Yang gejala PDP ini saya belum tahu update statusnya. Dan yang kemarin sudah ada gejala COVID-19 dan bahkan yang terakhir TKI baru pulang dari Malaysia jalur Dumai, alhamullilah dia sehat. Sampai sekarang yang dinyatakan positif COVID-19 untuk Kabupaten Labuhanbatu masih kosong," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US