Tapanuli Utara Perbolehkan Pesta Adat, Berikut Aturannya
Ilustrasi pesta adat. (Instagram/crown_photography88)
News
Kab. Tapanuli Utara

Tapanuli Utara Perbolehkan Pesta Adat, Berikut Aturannya

Sabtu, 04 Juli 2020 11:23 WIB 04 Juli 2020, 11:23 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memperbolehkan pelaksanaan pesta adat melalui penerapan protokol acara adat pesta di tengah pandemi Covid-19.

"Mulai saat ini pelaksanaan pesta adat sudah diperbolehkan, namun harus tetap mengikuti beberapa ketentuan yang telah ditetapkan," kata Wakil Bupati Tapanuli Utara, Sar landy melansir Antara, Sabtu (3/7).

"Forkopimda telah menetapkan suatu penerapan protokol acara adat dan pesta di era menuju tatanan hidup normal baru produktif dan aman COVID-19 di Kabupaten Tapanuli Utara," tambah dia.

Menurutnya, saat memasuki kehidupan normal baru, kegiatan tidak boleh berhenti karena timbulnya rasa cemas dan khawatir. Masyarakat diminta untuk mengatasi pandemi Covid-19 dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Setiap agenda pesta pranikah dan pernikahan harus membuat pemberitahuan kepada gugus tugas kabupaten, selambat-lambatnya 30 hari sebelum pelaksanaan dengan melampirkan daftar tamu dan undangan dari luar Kabupaten Tapanuli Utara yang akan hadir," ujarnya.

Demikian halnya, pihak gereja diwajibkan menyediakan APD seperti alat pengukur suhu tubuh, wastafel dan "hand sanitizer", serta jumlah yang boleh memasuki gedung gereja hanya diperbolehkan sebanyak 20 persen dari kapasitas bangunan, menerapkan jarak minimal 1 meter, dan semua peserta wajib memakai masker. 

"Setiap tamu yang datang dari luar Tapanuli Utara wajib menunjukkan surat keterangan uji 'rapid test' yang masih berlaku. Apabila tidak ada, maka aparat atau petugas harus mengembalikan yang bersangkutan ke daerah asalnya," terangnya.

Dalam protokol pelaksanaan pesta tersebut, pelaksanaan acara pranikah dan pemberkatan pernikahan di gereja diharuskan selesai sebelum 10.30 WIB, dan tidak diperkenankan bersalaman. 

"Apabila ketentuan protokol kesehatan tidak dipatuhi, maka tim keamanan gugus tugas penanganan COVID-19 berhak membubarkan acara tersebut," imbuhnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US