Tak Hanya Aprilia Manganang kena Hipospadia, Tapi Sang Kakak Amasya Manganang juga Sama
Kakak Aprilia Manganan, Amasya Manganang. / istimewa
News
Nasional

Tak Hanya Aprilia Manganang kena Hipospadia, Tapi Sang Kakak Amasya Manganang juga Sama

Jumat, 19 Maret 2021 12:06 WIB 19 Maret 2021, 12:06 WIB

INDOZONE.ID - Kakak dari Serda TNI Aprilia Santini Manganang, yaitu Amasya Manganang ternyata juga mengidap hipospadia seperti sang adik. Amasya juga merupakan atlet voli putri Indonesia yang berprestasi.

Amasya pun meminta kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa agar membantunya menjalani operasi seperti sang adik.

"Amasya curhat, 'Bapak, saya juga ingin diperiksa'. Kami siap," ujar Andika di Mabes TNI AD, Jumat (19/3/2021).

Hasil pemeriksaan medis kepada Amasya Manganang di RSPAD Gatot Soebroto mengungkap bahwa dia memang mengidap hipospadia.

"Menurut saya, kita juga punya tanggung jawab untuk memberikan solusi. Kami juga masih dalam kemampuan kami. Selasa malam juga kami kumpulkan yang menangani Aprilia Manganang dan melakukan pemeriksaan lengkap, hari Rabu kemarin dan hari Kamis kemarin di RSPAD," tambahnya.

Mengetahui hasil tersebut, Amasya berharap agar dia juga dibantu menjalani operasi perbaikan kelamin agar bisa kembali ke jati dirinya yang sebenarnya.

"Hasilnya ternyata sangat mirip. Hasil pemeriksaan, Amasya tidak seberuntung kita, sakit juga. Kita sampaikan ke Amasya dan Amasya menjawab, 'Saya kalau bisa dibantu, saya ingin menjadi diri saya sebenarnya'. Kita putuskan, kita akan siapkan prosedur sama. Beliau juga serius masuk hipospadia serius," katanya.

Menurut Andika, Amasya harus menjalani operasi perbaikan sebanyak dua kali, seperti adiknya, Aprilia Manganang.

Serda TNI Aprilia Manganang sendiri tengah menjalani sidang permohonan pergantian nama dan status jenis kelamin. Nama Aprilia Santini Manganang dimohon diganti menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU