12 Pengungsi Rohingya yang Tersisa di Aceh Dipindahkan ke Medan
Personel Polri mengawal 12 pengungsi Rohingya saat tiba di tempat penampungan sementara di Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (18/6). (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)
News
Kota Medan

12 Pengungsi Rohingya yang Tersisa di Aceh Dipindahkan ke Medan

Jumat, 18 Juni 2021 15:42 WIB 18 Juni 2021, 15:42 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 12 pengungsi Rohingya yang tersisa di Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Meunasah Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh dipindahkan ke Medan, Sumatera Utara.

Pemindahan pengungsi Rohingya tersebut difasilitasi oleh lembaga migrasi internasional IOM dengan persetujuan Pemerintah Kota Lhokseumawe dan Pemerintah Kota Medan. Demikian kata Juru Bicara Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya Marzuki dilansir dari Antara, Jumat (18/6).

Marzuki menyebutkan pemindahan ini merupakan yang ketiga setelah sebelumnya ada sebanyak 36 orang yang dipindahkan untuk pertama kali, lalu dilanjutkan pada pemindahan kedua sebanyak 45 orang.

Para pengungsi Rohingya yang dipindahkan ke Medan itu merupakan pengungsi yang mendarat di Aceh pada 20 Juni 2020 dan September 2020 lalu.

"Ke-12 imigran Rohingya yang dipindahkan ini sudah berada di Kota Lhokseumawe selama 13 bulan. Selama berada di Aceh, semua imigran Rohingya ditempatkan di penampungan sementara yang disediakan Pemerintah Kota Lhokseumawe," kata Marzuki.

Marzuki mengatakan pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, kesehatan, pendidikan informal serta kegiatan sosial lainnya untuk pengungsi Rohingya selama di Lhokseumawe dibantu oleh berbagai pihak, baik nasional maupun internasional.

Namun setelah berada di Medan, kebutuhan mereka sepenuhnya ditanggung oleh IOM dengan kucuran dana dari lembaga kemanusiaan Uni Eropa serta dari lembaga kemanusiaan Pemerintah Swiss dan Amerika.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US