Iwan Fals Tanggapi Isu Viral Mudik dan Pulang Kampung: "Kenapa rame..."
Kiri: Presiden Joko Widodo | Kanan: Iwan Fals. (Twitter/@iwanfals)
News
Nasional

Iwan Fals Tanggapi Isu Viral Mudik dan Pulang Kampung: "Kenapa rame..."

Kamis, 23 April 2020 16:23 WIB 23 April 2020, 16:23 WIB

INDOZONE.ID - Tagar Pulang Kampung dan Mudik dan Jokowi jadi trending topic di Twitter, Kamis (23/4). Ribuan pengguna medsos termasuk Twitter ikut berkomentar soal makna mudik dan pulang kampung yang dilontarkan Presiden Jokowi pada acara Mata Najwa yang disiarkan di TransTV, Rabu (22/4) malam.

Viralnya kedua istilah itu bermula saat pembawa acara Najwa Shihab mempertanyakan mengapa larangan baru dikeluarkan baru-baru ini. 

"Kenapa dilarang sekarang? Kenapa dilakukan menunggu situasi?" tanya Najwa kepada Jokowi seperti dikutip dari Mata Najwa.

Menurut Jokowi, kebijakan ini dibuat tidak grusa-grusu yang akhirnya menimbulkan keributan di tengah masyarakat. Di tengah acara, Najwa menyodorkan data dari Kemenhub soal jumlah pemudik di tengah wabah corona sudah mencapai hampir 1 juta orang mudik.

"Hampir satu juta orang mudik, sudah 900 ribu orang mudik dan sudah tersebar ke berbagai daerah. Apakah keputusan itu baru akan dikeluarkan melihat situasi tapi faktanya sudah ada penyebaran orang di daerah," tanya Najwa.

Menjawab pertanyaan itu, Jokowi mengatakan bahwa itu bukan mudik, melainkan pulang kampung.

"Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Mereka bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan lagi, pulang karena anak istrinya ada di kampung," jawab Jokowi.

"Apa bedanya Bapak, pulang kampung dan mudik?" tanya Najwa.

Menurut Jokowi, mudik itu pulang kampung pada saat lebaran.

"Mudik itu di hari lebarannya, beda. Kalau pulang kampung kan kerja di Jakarta anak istrinya di kampung," kata Jokowi.

Komentar Iwan Fals 

Iwan Fals turut memberikan komentar soal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan mudik dan pulang kampung adalah hal berbeda. Dia menegaskan pelarangan pemerintah telah benar-benar melarang mudik atau pulang kampung karena corona.

Iwan Fals pun menyebut kedua istilah tersebut sama artinya.

"Mudik dan Pulang Kampung kenapa rame, kan sama maksudnya, lagi pula gara2 corona Mudik atau Pulang Kampung dilarang kan, itu sudah keputusan resmi Pemerentah katanya, & dendanya besar lo klo dilanggar... tapi klo pulang ke kota gimana ya..." cuit @iwan fals.

Iwan Fals pun ditegur netizen soal ucapan Jokowi yang membuat istilah Mudik dan Pulang Kampung trending

Setelah mengetahui video penyataan Jokowi tentang mudik dan pulang kampung, Iwan Fals menyebut jika sang presiden sedikit terpeleset.

"Oaalah...bentar tar tar taarrr, waahh presiden kesrimpet kali..." cuit @iwanfals.

Iwan Fals sebut Presiden kesrimpet saat ucap pulang kampung dan mudik tak sama.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU