Duh! Seekor Harimau Sumatera Terjerat di Hutan dekat Perkebunan Warga, Begini Kondisinya
Ilustrasi Harimau Sumatera. (Wikipedia)
News
Nasional

Duh! Seekor Harimau Sumatera Terjerat di Hutan dekat Perkebunan Warga, Begini Kondisinya

Senin, 19 Oktober 2020 18:48 WIB 19 Oktober 2020, 18:48 WIB

INDOZONE.ID - Ada seekor Harimau Sumatera terjerat di kawasan hutan yang tak jauh dari perkebunan warga di Kecamatan Terbangun, Kabupaten Gayo Lues, Aceh.

Mengutip laporan Antara, Senin (19/10), Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan bahwa harimau betina muda itu terjerat dalam jeratan milik warga berbentuk kumparan. Beruntung, jeratan tersebut tidak menyebabkan tubuh harimau luka.

"Harimau tersebut jenis kelamin betina, umur antara dua hingga tiga tahun dengan bobot berkisar 45 hingga 50 kilogram. Harimau berhasil diselamatkan tim BKSDA bekerja sama dengan mitra dan kepolisian," kata Agus.

Dijelaskan Agus, penyelamatan Harimau Sumatera yang terjerat itu berawal dari pihaknya mendapatkan laporan dari petugas  Resor Pemangku Hutan (RPH) Tongra pada Sabtu petang (17/10).

Dari laporan tersebut, tim BKSDA bersama Forum Konservasi Leuser (FKL), Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), WCS, bersama RPH Tongra dan kepolisian setempat mendatangi lokasi yang dimaksud.

Setibanya di lokasi, baru diketahui bahwa harimau tersebut terjerat di luar kawasan hutan lindung atau masuk ke dalam areal penggunaan lain (APL) yang berdekatan dengan perkebunan masyarakat.

"Saat ini, harimau tersebut sedang dalam pemulihan di lokasi. Apabila kondisinya pulih, harimau tersebut akan dilepasliarkan ke kawasan hutan. Pemulihan diperkirakan memakan waktu dua hingga tiga hari," kata dia.

Lebih lanjut, Agus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memasang jerat, perangkap, racun, atau menangkap sebagai upaya menjaga kelestarian satwa liar yang dilindungi.

"Kami juga mengimbau masyarakat menjaga kelestarian satwa liar dengan tidak memasang jerat, perangkap, racun, maupun pagar beraliran listrik, maupun menangkapnya," ucap dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU