Fraksi PKS DPRD Sumut Tegas Menolak Wacana Pajak Sembako dan Pendidikan
Ilustrasi sembako. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
News
Kota Medan

Fraksi PKS DPRD Sumut Tegas Menolak Wacana Pajak Sembako dan Pendidikan

Sabtu, 19 Juni 2021 09:16 WIB 19 Juni 2021, 09:16 WIB

INDOZONE.ID - Fraksi PKS DPRD Sumut secara tegas menolak wacana pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk sembako dan pendidikan oleh pemerintah melalui revisi aturan perpajakan.

"Kami Fraksi PKS DPRD Sumut sebagaimana arahan Ketua Fraksi PKS DPR RI, bahwa kita menolak terhadap rencana pemerintah untuk memungut PPN terhadap sembako dan Pendidikan," kata Anggota DPRD Sumut Fraksi PKS, Hendro Susanto dalam keterangan resmi yang diterima Indozone, Sabtu (19/6).

Hendro mengatakan penolakan itu karena mengingat ekonomi masyarakat yang saat ini sedang menurun akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, pemerintah seharusnya peka dan peduli terhadap kondisi saat ini.

"Ekonomi lagi merosot, masyarakat juga tergerus daya belinya, pendapatannya pasti berkurang nantinya kalau ditambah lagi dengan pemberlakuan PPN," ujar dia.

Menurut dia, wacana pengenaan pajak sembako dan pendidikan itu tidak sejalan dengan upaya pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional dan mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Tapi satu sisi pemerintah juga memberatkan pelaku ekonomi dengan ada rencana untuk ngutip PPN. Berarti inikan antara kebijakan satu dengan kebijakan ini kan tidak sinkron," jelas dia.

Untuk itu, kata Hendro, Menteri Sri Mulyani seharusnya bisa menemukan sumber-sumber pembiayaan pendapatan untuk mengalokasikan APBN, jangan hanya sekedar mengutip pajak kepada pelaku usaha menengah kebawah.

"Masyarakat di satu sisi dipungut pajak, tapi para pengusaha besar di berikan amnesti pajak, ini kan enggak betul. Jangan main pajak-pajak aja, semua dipajaki. Gawat ini," tutup dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US