Ormas Islam Labuhanbatu Tolak Rumah Doa di Kodim 0209/LB
Perwakilan AL UOIS usai mengelar rapat masalah rumah doa dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Labuhanbatu. (ANTARA)
News
Kab. Labuhan Batu

Ormas Islam Labuhanbatu Tolak Rumah Doa di Kodim 0209/LB

Kamis, 02 Juli 2020 16:55 WIB 02 Juli 2020, 16:55 WIB

INDOZONE.ID - Organisasi masyarakat Islam yang tergabung dalam Aliansi Ummat dan Ormas Islam (AL UOIS) di Labuhanbatu menolak adanya rumah doa di Markas Komando Distrik Militer atau Kodim 0209/LB.

Keberadaan rumah doa itu ditolak lantaran tidak memiliki izin meski digunakan dengan alasan untuk peningkatan agama anggota Kodim 0209/LB.

Demikian pernyataan Perwakilan AL UOIS Kabupaten Labuhanbatu, Ridwan MS yang dikutip dari Antara, Kamis (2/7).

Menurut Ridwan,  untuk meningkatkan mutu religius prajurit TNI sebenarnya bisa dilakukan di rumah ibadat yang menjadi rujukan maupun yang telah tersedia secara khusus.

Dia menjelaskan, saat ini masih banyak modus rumah peribadatan yang menggunakan tempat-tempat yang tidak beroperasi lagi, berawal dari rumah doa yang tidak memiliki izin. Kegiatan itu tersebar di wilayah Kota Rantauprapat dan sekitarnya.

Sementara, pihaknya tidak pernah menghalangi kegiatan ibadah agama apapun karena merupakan hak warga negara Indonesia yang sah.

"Tanpa bermaksud SARA, sekarang kegiatan itu dijadikan modus untuk melanggar UU tentang peribadatan. Kami menolak keberadaan rumah doa di Markas Kodim 0209/LB. Silahkan ibadah dilakukan tempat yang telah ditentukan ataupun secara umum," kata Ridwan MS.

Ridwan mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah berkomunikasi masalah keumatan dengan anggota Kodim 0209/LB di pertengahan bulan Februari 2020 lalu untuk mencari solusi.

Namun, upaya komunikasi tersebut tidak berkelanjutan hingga penyampaian surat melalui Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Labuhanbatu hingga Forum Kerukunan Umat Beragama Labuhanbatu.

"Kami sempat berdialog dengan anggota Kodim 0209/LB terkait rumah doa tersebut, namun belum ada komunukasi lanjutan," jelas Ridwan MS yang juga Sekretaris Wilayah FPI Kabupaten Labuhanbatu.

Di lain pihak, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso menyampaikan, tidak ada permasalahan keberadaan rumah doa di Markas Kodim 0209/LB. 

Menurut dia, rumah doa untuk meningkatkan kerohanian anggota di Kodim 0209/LB.

"Rumah doa itu hanya untuk anggota di wilayah Kodim 0209/LB," tegas Dandim.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU