Gempa 6,1 SR di Nias Dirasakan Hingga Aceh dan Padang
Gempa bumi 6,1 sr di barat daya Nias, Sumatera Utara, Selasa (20/4). (Antara)
News
Kab. Nias Barat

Gempa 6,1 SR di Nias Dirasakan Hingga Aceh dan Padang

Selasa, 20 April 2021 10:12 WIB 20 April 2021, 10:12 WIB

INDOZONE.ID - Gempa bumi berkekuatan 6,1 sr yang mengguncang barat daya Nias, Selasa (20/4) pukul 06.58 WIB dapat dirasakan hingga Aceh Singkil, Aceh dan Padang, Sumatera Barat.

BMKG dalam keterangannya mengatakan gempa bumi dangkal itu terjadi disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik di Lempeng Samudera Hindia. Awalnya gempa tersebut berkuatan 6,4 sr, namun kemudian diperbarui menjadi 6,1 sr.

Gempa dapat dirasakan di Nias Barat pada II sampai III skala Mercalli (MMI) serta Gunung Sitoli pada skala I sampai II MMI.

Getaran gempa juga dirasakan Aek Godang, Padang Sidimpuan, dan Pakpak Bharat di Sumatera Utara; Pariaman, Padang Pariaman, dan Padang di Sumatera Barat; serta Aceh Singkil di Aceh pada skala II MMI.

Pada skala I MMI getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang; pada skala II MMI getaran dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang; dan pada skala III MMI getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa seperti ada truk berlalu.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi tersebut.

Menurut BMKG pusat gempa di barat daya Nias berada di koordinat 0,17 Lintang Utara dan 96,48 Bujur Timur, tepatnya di laut sekitar 140 km arah barat daya Nias pada kedalaman 16 km.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar turun," kata Bambang.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU