Terbukti Jadi Kurir 41,8 Kg Sabu, Pria Asal Jawa Timur Divonis Hukuman Mati di PN Medan
Ilustrasi paket sabu-sabu. (Pexels/ MART PRODUCTION)
News
Kota Medan

Terbukti Jadi Kurir 41,8 Kg Sabu, Pria Asal Jawa Timur Divonis Hukuman Mati di PN Medan

Kamis, 15 Juli 2021 10:01 WIB 15 Juli 2021, 10:01 WIB

INDOZONE.ID - Seorang pria bernama Tantra Surya Dewangsa (20) asal Tuban, Jawa Timur dijatuhkan hukuman mati oleh hakim di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (14/7). Dia terbukti bersalah telah menjadi kurir narkoba jenis sabu-sabu seberat 41,835 kilogram.

Ketua Majelis Hakim PN Medan Syafril Batubara dalam amar putusannya mengatakan terdakwa Tantra melakukan secara tanpa hak dan melawan hukum menawarkan, menjual, dan menjadi perantara dalam jual beli narkotika Golongan I dengan berat melebihi 5 gram.

Atas perbuatannya itu, terdakwa melanggar Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Adapun hal-hal yang memberatkan, yakni terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika. Sedangkan hal-hal yang meringankan tidak ditemukan pada diri terdakwa.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurhayati Ulfa dalam tuntutannya memohon kepada hakim agar memberikan hukuman mati kepada terdakwa karena terbukti memiliki 41,835 kilogram sabu.

Kasus ini berawal dari saat terdakwa ditawarkan pekerjaan oleh Joni (DPO) menjadi kurir narkoba. Lalu, Joni membelikan HP untuk terdakwa agar dapat menghubungi pemilik sabu bernama Pablo (DPO).

Lalu pada 4 September 2020, Pablo menghubungi terdakwa dan meminta terdakwa berangkat ke Medan. Setiba di Medan, terdakwa diminta menemui Subiyanto (DPO) di Hotel Swiss Bell In untuk menerima sabu milik Pablo.

Kemudian, terdakwa menerima 23 bungkus paket sabu dan memasukkannya ke dalam tas koper. Tak lama kemudian, terdakwa dihubungi oleh seseorang yang mengaku bernama Hadi dan meminta terdakwa untuk datang ke Hotel Cordela.

Setiba di Hotel Cordela, terdakwa diringkus polisi. Saat dilakukan penggeledahan, polisi menemukan 23 paket sabu-sabu.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US