Waspada! BNPB Sebut Seluruh Wilayah Kota Medan Berpotensi Terdampak Banjir
Banjir di komplek perumahan De Flamboyan, Medan, Jumat (4/12). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
News
Kota Medan

Waspada! BNPB Sebut Seluruh Wilayah Kota Medan Berpotensi Terdampak Banjir

Sabtu, 05 Desember 2020 19:20 WIB 05 Desember 2020, 19:20 WIB

INDOZONE.ID - Seluruh wilayah Kota Medan yang terdiri dari 21 kecamatan berpotensi terdampak oleh banjir.

"Berdasarkan analisis melalui InaRISK, Kota Medan merupakan salah satu wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan tingkat kerawanan sedang hingga tinggi dengan 21 kecamatan yang berpotensi terdampak bahaya tersebut," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati dalam keterangannya, Sabtu (5/12).

Raditya menjelaskan berdasarkan prakiraan cuaca yang telah dirilis BMKG, bahwa pada 5 Desember dan 6 Desember 2020, wilayah Sumatera Utara berpotensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Untuk itu, Raditya menyarankan agar masyarakat dapat mengakses aplikasi Info BMKG untuk mengetahui update prakiraan cuaca.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang," kata dia.

Berdasarkan Data Pusat Pengendalian Operasi Per 5 Desember 2020, bencana banjir di Medan telah menewaskan 5 orang, 2 hilang, dan 4.249 KK atau 12.783 jiwa terdampak.

"Sedangkan kerugian materiil, sebanyak 1.493 unit rumah warga dan 1 masjid terendam saat kejadian yang terjadi sekitar pukul 22.30 WIB pada Kamis (3/12/2020) lalu. Di samping itu, seluas 69 hektar lahan juga terendam," jelas dia.

Dia menambahkan bahwa banjir yang terjadi di Medan diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan sejumlah aliran sungai meluap, yakni Sungai Babura, Sungai Deli, dan Sungai Denai.

Meluapnya ketiga sungai tersebut berdampak 4 kecamatan, yakni Kecamatan Medan Johor, Kecamatan Medan Maimun, Kecamatan Medan Sunggal dan Kecamatan Medan Tuntungan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU