Tanggulangi Banjir, Pemko Tebing Tinggi Normalisasi Sungai Bahilang
Ilustrasi banjir yang terjadi di Kota Tebing Tinggi beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
News
Kota Tebing Tinggi

Tanggulangi Banjir, Pemko Tebing Tinggi Normalisasi Sungai Bahilang

Sabtu, 08 Februari 2020 16:36 WIB 08 Februari 2020, 16:36 WIB

INDOZONE.ID - Pemko Tebing Tinggi melalui Dinas PUPR menormalisasi Sungai Bahilang. Normalisasi ini bertujuan untuk menanggulangi banjir kiriman yang selama ini mengancam Kota Tebing Tinggi.

Kadis PU-PR Tebing Tinggi, Rusmiyathi Harahap mengatakan normalisasi ini dilakukan untuk meminimalisir sekecil mungkin datangnya banjir kiriman dari hulu sungai. Menurutnya, ada dua sungai di Kota Tebing Tinggi yang melintas pemukiman penduduk yakni Sungai Bahilang dan Sungai Padang.

Sungai Bahilang berada di bawah kewenangan Pemko Tebing Tinggi. Sedangkan Sungai Padang berada di bawah pengawasan merupakan Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera Utara. Normalisasi ini dilakukan dengan cara mengeruk sedimen yang sudah tebal di beberapa lokasi aliran sungai.

"Dan saat ini pekerjaan normalisasi dilakukan dari Kelurahan Bahilang sampai wilayah Kelurahan Mandailing " kata Rusmiyathi Harahap.

Normalisasi Sungai Bahilang diharapkan bisa mencegah luapan jika debit air sungai dan mengurangi bencana banjir, terutama di bantaran Sungai Bahilang.

"Dan diharapkan tidak ada lagi terjadi back water di muara sungai bahilang, karena ketinggian permukaan air sungai padang " katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU