Wanita Ini Terlibat Adu Mulut dengan Polantas Ketika Ditilang
Polisi terlibat adu mulut dengan wanita yang ditilang di Jalan Thamrin Medan. (Facebook/Aneka Ragam/Screenshoot)
News
Kota Medan

Wanita Ini Terlibat Adu Mulut dengan Polantas Ketika Ditilang

Jumat, 14 Februari 2020 22:10 WIB 14 Februari 2020, 22:10 WIB

INDOZONE.ID - Seorang wanita ditilang polantas di kawasan Jalan Thamrin Medan lantaran knalpotnya bising. Tapi wanita itu tidak terima karena merasa knalpotnya tak bermasalah. Bahkan ia sempat menantang polantas.

Keributan antara pengendara dengan polisi kembali terjadi. Sama seperti kejadian-kejadian lainnya, keributan ini dipicu karena adanya tilang yang dilakukan polisi lalu lintas (polantas).

Kali ini akun Facebook Aneka Ragam membagikan sebuah video mengenai perdebatan antara pengendara sepeda motor dengan polantas. Video ini diunggah pada Selasa (11/2/2020) dan mendapatkan 1,4 ribu komentar dari netizen. Akun Facebook Aneka Ragam menuliskan bahwa kejadian ini terjadi di Jalan Thamrin Medan.

"Perdebatan antara polisi dan warga dikarenakan kenalpot bising... Lokasi di jl.thamrin medan. Perdebatan antara polisi dan warga dikarenakan kenalpot bising... Lokasi di jl.thamrin medan," tulisnya.

Dalam video itu terlihat ada seorang wanita yang tampak bersitegang dengan polantas yang menilangnya. Ia mempertanyakan tilang yang dilakukan polantas karena menurutnya knalpotnya tidak bising.

Wanita itu tampak terus memprotes. Namun, polantas itu tetap sabar. Bahkan wanita itu sempat menantang petugas untuk menilang anggota TNI yang mengendarai sepeda motor dengan knalpot bising.

"Karena knalpot kau bilang bising. Itu tentara, coba kau tangkap," ujar wanita di video itu dengan nada tinggi.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Pasal 285 disebutkan knalpot laik jalan merupakan salah satu persyaratan teknis kendaraan dikemudikan di jalan.

Sementara itu menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 7 Tahun 2009 disebutkan bahwa ambang batas kebisingan kendaraan antara lain, kendaraan dengan silinder di bawah 80 cc memiliki ambang batas kebisingan maksimal 77 desibel. Kendaraan dengan silinder 80-175 cc memiliki ambang batas kebisingan maksimal 83 desibel. Kemudian kendaraan dengan silinder lebih dari 175 cc memiliki ambang batas kebisingan maksimal 80 desibel.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US