Makin Laris, Tahun Ini Sumut Ekspor Rempah ke 57 Negara
Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan,Kementerian Pertanian, Andi P.M. Yusmanto meninjau kayu manis yang siap diekspor (ANTARA/Istimewa/Karantina Pertanian Belawan)
News
Kota Medan

Makin Laris, Tahun Ini Sumut Ekspor Rempah ke 57 Negara

Sabtu, 11 Desember 2021 08:24 WIB 11 Desember 2021, 08:24 WIB

INDOZONE.ID - Badan Karantina Pertanian Belawan mencatat ada peningkatan jumlah negara tujuan ekspor untuk komoditas rempah asal Sumatera Utara (Sumut) selama tahun 2021. Tercatat hingga awal Desember 2021, jumlah negara tujuan ekspor rempah-rempah dari Sumut sudah ke 57 negara.

"Jumlah negara tujuan ekspor rempah-rempah Sumut terus naik. Dari 54 negara di 2020, menjadi ke 57 negara pada 2021," ujar Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Andi P.M. Yusmanto, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Sabtu (11/12/2021). 

Ia menjelaskan, saat ini rempah-rempah Sumut diekspor ke berbagai negara, mulai dari Malaysia, Singapura, Eropa hingga Amerika Serikat.

"Hingga Desember 2021, Balai Karantina Pertanian Belawan sudah memfasilitasi 601 kali sertifikasi ekspor rempah-rempah dari Sumut. Rempah yang diekspor Sumut khususnya kayu manis cukup diminati di pasar apalagi yang dikelola secara organik," ujarnya. 

Selain itu, secara nasional ekspor rempah-rempah juga terus naik. Tercatat hingga 2021, rempah-rempah sudah dikirim ke 199 negara dari 114 negara pada 2020. Dimana Sumut termasuk produsen dan pengekspor rempah-rempah terbesar di Indonesia.

"Karantina Pertanian Belawan, terus melakukan percepatan layanan karantina dan pendampingan agar produk pertanian yang diekspor dapat terjamin sehat, aman dan sesuai aturan di negara tujuan," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Bea Cukai di Belawan, Tri Utomo menyebutkan pihaknya bersama dengan seluruh entitas di Pelabuhan Belawan terus bersinergi untuk mensukseskan program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian atau Gratieks Kementerian Pertanian. Termasuk mendorong ekspor rempah-rempah yang sudah lama berlangsung dan potensinya masih cukup besar.

Ia menambahkan, sejalan dengan arahan Wakil Presiden. H Ma'ruf Amin di Hari Perkebunan 2021 soal dukungan ekspor hasil perkebunan, menjadi motivasi untuk bisa bangkit lebih maju agar terwujud sektor pertanian yang lebih tangguh dalam meningkatkan produksi serta volume ekspor.


Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US