Miris! Sampah Mengular di Pinggir Jalan Industri, Baunya Bikin Warga Mau Muntah
Potret sampah mengular di Jalan Industri, Tanjung Morawa (Instagram/@deliserdanginfoo)
News
Kab. Deli Serdang

Miris! Sampah Mengular di Pinggir Jalan Industri, Baunya Bikin Warga Mau Muntah

Selasa, 27 Juli 2021 13:26 WIB 27 Juli 2021, 13:26 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini potret sampah yang mengular hingga 100 meter di pinggir Jalan Industri Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang, Sumut beredar di media sosial. 

Foto itu pertama kali diunggah di akun Instagram @deliserdanginfoo pada Senin (26/7/2021). Dari foto tampak sampah yang didominasi limbah plastik rumah tangga dibiarkan bertumpuk begitu saja di sepanjang pinggiran jalan.

Dari keterangan foto tertulis salah seorang warga bernama Sipayung sangat mengeluhkan bau busuk yang ditimbulkan dari sampah-sampah tersebut. Menurutnya sudah hampir sebulan sampah-sampah itu belum diangkut. Dia pun tidak mengetahui siapa saja yang telah membuang sampah di situ. 

Diketahui secara administrasi, kawasan Jl Industri tersebut masuk dalam wilayah Desa Dagang Krawan. Kepala Desa Dagang Krawan, Jamilah mengaku selama ini pihaknya sudah berusaha untuk membuat lokasi jalan industri itu bersih.

Namun tetap saja ada orang-orang yang selalu membuang sampah di lokasi itu. Bahkan saking kesalnya pembuang sampah sudah pernah mereka tangkap dan diserahkan ke polisi.

Camat Tanjung Morawa, Marianto Irawadi pun buka suara terkait sampah-sampah tersebut. Dia membantah kalau pihaknya tidak peduli soal sampah di Jl Industri. Menurutnya selama menjadi camat di Tanjung Morawa sudah lima kali pihaknya membersihkan tumpukan sampah di lokasi tersebut.

Kata dia, selain kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang, penyebab sampah terus bertumpuk karena Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Tadukan Raga Kecamatan STM Hilir telah ditutup oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumut.

Akibatnya masalah sampah di kecamatannya tak bisa tuntas diatasi. Karena jarak TPA yang sekarang ada di Desa Namorube Julu Kecamatan Kutalimbaru cukup jauh, dan armada  yang tidak bisa mengangkut semua sampah.

Semetara itu warganet yang mengetahui informasi tersebut merasa miris dengan keadaan Jalan Industri yang penuh sampah tersebut.

"Bau busuk banget lewat di situ," tulis @mairianaastika

"Sangat banyak," kata @arista.samudera

"Bupati nya masih adakah? Waduh.. Buat malu aja," sambung @taa_on36


Artikel Menarik Lainnya : 

Stok Vaksin Habis, Rumah Sakit USU Tidak Melayani Vaksinasi Untuk Sementara
Sejoli Tega Tinggalkan Bayi di Teras Rumah Warga, Malu Punya Anak Di luar Nikah
Penampakan Mal di Medan yang Sepi Akibat Dampak PPKM, Netizen: Seperti di Kuburan

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US