Wujudkan Herd Immunity, Baskami Imbau Warga Tak Takut Divaksin
Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting (Istimewa)
News
Kota Medan

Wujudkan Herd Immunity, Baskami Imbau Warga Tak Takut Divaksin

Kamis, 21 Oktober 2021 14:31 WIB 21 Oktober 2021, 14:31 WIB

INDOZONE.ID - Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting mengimbau masyarakat agar tidak perlu takut divaksin. Ia meminta warga yang belum divaksin agar segera mengikuti program vaksinasi demi mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompok).  

"Vaksinasi itu bertujuan untuk meningkatkan herd immunity. Kemudian menekan peningkatan angka kasus covid baru, lalu berimplikasi juga dengan status level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)," katanya, Kamis (21/10/2021).

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang telah mendapatkan vaksin pertama dan kedua, lebih memiliki akses luas terhadap pelayanan publik. Termasuk perihal perizinan untuk membuka usaha. 

"Saya yakin, geliat ekonomi di Sumut akan meningkat seiring turunnya level PPKM dan melandainya angka kasus baru. Mari kita semua mewujudkan hal ini," jelasnya. 

Di samping itu, ia membeberkan kekebalan tubuh seseorang akan berbeda apabila ia divaksin maupun belum divaksin. 

"Saat ini jangan memilih vaksin jenis apa yang bagus. Saya kira semua vaksin yang disediakan pemerintah mutunya sama," tambahnya. 

Pasalnya, banyak kasus yang telah terjadi, warga yang belum divaksin lebih berisiko terdampak covid -19. 

"Kawan saya di DPRD Sumut menceritakan hal ini kepada saya. Ia belum divaksin dan terdampak covid, kemudian agak sulit disembuhkan, membutuhkan waktu yang lama," jelasnya. 

Ia juga mendorong seluruh pemerintah daerah menggenjot tingkat vaksinasi covid-19. Menurutnya, pemerintah kabupaten/kota harus terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan Kementerian Kesehatan terkait pengadaan vaksin ini. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sumut, Ismail Lubis, mengatakan, capaian vaksinasi dosis pertama Sumut sebesar 41,31 persen. Sedangkan untuk vaksin dosis kedua mencapai 23,77 persen.

Ismail menjelaskan pihaknya berupaya agar ketersediaan stok vaksin di kabupaten dan kota di Sumut terjamin.

"Kita berkoordinasi dengan Kemenkes. Insya Allah alokasi vaksin mencukupi. Kita imbau masyarakat yang telah mendapat dosis pertama, supaya kembali melaksanakan penyuntikan dosis kedua," ucapnya.

Ia mengimbau masyarakat yang belum divaksin agar mengikuti vaksin. 

"Bagi masyarakat yang belum vaksin. Segera vaksin. Jangan pilih-pilih jenis vaksin tertentu baru mau vaksin. Karena semua varian vaksin baik untuk meningkatkan herd immunity," tambah Ismail.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US