Kementan Akui Kalung Eucalyptus Hanya Aksesoris, bukan Antivirus
Kalung Eucalyptus. (Dok. Kementerian Pertanian)
News

Kementan Akui Kalung Eucalyptus Hanya Aksesoris, bukan Antivirus

Senin, 06 Juli 2020 14:18 WIB 06 Juli 2020, 14:18 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) membantah klaim yang menyebut kalung aromaterapi yang akan dibuat merupakan antivirus corona. Kalung yang terbuat dari kayu putih itu sebenarnya aksesori kesehatan, bukan antivirus.

Bantahan itu datang dari Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr Ir Fadjry Djufry, MSi. Dia bilang, pihaknya tidak ada mengeklaim bahwa produk-produk yang akan dikembangkan itu merupakan antivirus.

"Kalung ini sebagai aksesori kesehatan. Ini bukan jimat, tidak ada klaim antivirus di situ,” kata dia dalam konferensi pers di Bogor, Senin (6/7).

Ketika ditanya mengenai tulisan 'antivirus corona' yang terdapat pada kalung tersebut, Fadjry mengatakan, bahwa tulisan itu hanya terdapat pada prototipe kalung aromaterapi yang digunakan di kalangan pegawai Kementan.

“Ini hanya prototype ya. Produksi massal nanti ini (tulisannya) akan menjadi ‘aromaterapi eucalyptus’,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Fadjry, produk-produk yang akan dikembangkan itu belum sampai pada tahap uji klinis. Misalnya pada roll on dan inhaler, produk itu sudah terdaftar di Badan POM sebagai jamu dan bukan Obat Herbal Terstandar (OHT).

Sementara itu, izin edar Badan POM untuk kalung aromaterapi masih tengah diproses.

“Di Badan POM itu kan ada kriteria, kita masuk sebagai produk jamu. Prosesnya benar, ada hasil lab dan uji testimoni,” tambahnya.

Mengenai kayu putih yang menjadi bahan pembuat kalung antivirus itu, Fadjry mengatakan bahwa kayu putih telah dikenal sejak zaman nenek moyang dan terbukti dapat menjaga daya tahan tubuh, serta meringankan gejala penyakit pada pernapasan.

“Harapan masyarakat begitu besar bahwa bahan alam efektif untuk pencegahan (penyakit). Saya tidak ingin berpolemik, yang salah kita luruskan, apalagi ini penelitian yang sangat awal, tetapi sangat berpeluang,” ujar dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US