Curah Hujan Tinggi, Air Hanyutkan Kamar Mandi di Tapsel
Deretan rumah-rumah penduduk di Desa Pargumbangan, Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan yang terancam amblas akibat erosi. / ANTARA / HO
News
Kab. Tapanuli Selatan

Curah Hujan Tinggi, Air Hanyutkan Kamar Mandi di Tapsel

Rabu, 23 September 2020 13:53 WIB 23 September 2020, 13:53 WIB

INDOZONE.ID - Curah hujan tinggi sejak Selasa (22/9) malam hingga Rabu (23/9) pagi menyebabkan permukaan Sungai Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) naik.

Tingginya air merusak fasilitas dek penahan tebing sepanjang 10 meter di Desa Pargumbangan, Kecamatan Angkola Muaratais, Tapanuli Selatan.

Camat Angkola Muaratais A.M Fadhil Harahap menyatakan, air juga telah menghanyutkan sebuah kamar mandi warga di rumah Novri.

"Tidak itu saja bahkan subuh tadi sekitar pukul 05.00 WIB sebuah kamarmandi warga bernama Novri di Desa itu juga amblas dan hanyut bersama derasnya air sungai. Untuk korban jiwa tidak ada," kata A.M Fadhil Harahap.

Menurutnya, pihak pengairan dan irigasi Provinsi Sumatera Utara telah meninjau kerawanan dek penahan tebing. 

"Sejumlah kondisi rumah masyarakat di wilayah daerah aliran sungai Batang Angkola tepatnya di Desa Pargumbangan saat ini banyak yang terancam amblas bahkan nyaris amblas ke dasar sungai," ujarnya.

Selain itu, sejumlah rumah di sekitar aliran Sungai Batang Angkola dalam ancaman serius apabila tidak segera diperbaiki. 

"Sebelumnya juga sudah ada halaman belakang (dua kamar mandi) rumah warga di Desa Pargumbangan ini yang amblas dan hanyut bersama derasnya arus sungai Batang Angkola," ungkapnya.

Dijelaskannya, naiknya permukaaan air Sungai Batang Angkola sering diakibatkan banjir kiriman dari hulu sungai. 

"Apabila Kota Padang Sidempuan sekitarnya hujan deras alamat permukaan air Sungai Batang Angkola bakal naik," jelasnya.



Artikel menarik lainnya : 


TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US