Status Indonesia Naik Jadi Upper Middle Income Country
Kawasan SCBD Sudirman, Jakarta. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
News
Nasional

Status Indonesia Naik Jadi Upper Middle Income Country

Kamis, 02 Juli 2020 16:12 WIB 02 Juli 2020, 16:12 WIB

INDOZONE.ID - Per 1 Juli 2020, status Indonesia dinaikkan menjadi upper middle income country dari sebelumnya lower middle income country oleh Bank Dunia.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam rilisnya menyebut Bank Dunia menaikkan  status Indonesia berdasarkan penilaian pendapatan nasional bruto (gross national income/GNI) per kapita Indonesia 2019 yang naik menjadi US$4.050, dari posisi sebelumnya US$3.840.

Untuk diketahui, Bank Dunia membagi empat kategori negara berdasarkan GNI per kapita, yaitu low income (US$1.035), lower middle income (US$1.036 hingga US$4,045), upper middle income (US$4.046 hingga US$12.535), dan high income (lebih dari US$12.535).

“Klasifikasi kategori ini biasa digunakan secara internal oleh Bank Dunia. Namun, juga dirujuk secara luas oleh lembaga dan organisasi internasional dalam operational guidelines,” tulis Kemenkeu dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/7).

Kemenkeu menyebut, dengan naiknya status Indonesia menjadi bukti dari ketahanan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini.

Hal itu juga merupakan hasil dari kerja keras masyarakat dan pemerintah yang terus berusaha mendorong ekonomi yang inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan.

Menurut Kemenkeu, peningkatan status Indonesia akan meningkatkan kepercayaan dan persepsi investor, mitra dagang, mitra bilateral, dan mitra pembangunan atas ketahanan ekonomi Indonesia.

"Pada gilirannya, status ini diharapkan dapat meningkatkan investasi, memperbaiki kinerja current account, mendorong daya saing ekonomi dan memperkuat dukungan pembiayaan,” kata Kemenkeu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU