Seekor Buaya di Sungai Deli Akhirnya Dievakuasi, Diberi Umpan Anak Bebek
Seekor buaya muara yang sering terlihat di aliran Sungai Deli berhasil dievakuasi BBKSDA Sumut pada Sabtu (5/9). (Dok. Istimewa)
News
Kab. Deli Serdang

Seekor Buaya di Sungai Deli Akhirnya Dievakuasi, Diberi Umpan Anak Bebek

Rabu, 09 September 2020 11:42 WIB 09 September 2020, 11:42 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu, seekor buaya yang berada di bantaran Sungai Deli, Deli Tua, Deli Serdang menjadi perbincangan. Buaya tersebut akhirnya berhasil dievakuasi oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara.

Sebelum menangkap buaya berjenis kelamin jantan itu, petugas BBKSDA Sumut terlebih dahulu melakukan pemantauan secara rutin. Buaya itu sering terlihat di aliran Sungai Deli di dekat Dusun IV Gang Keluarga, Desa Kedai Durian, Deli Tua.

Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi dalam keterangannya, Selasa (8/9) mengatakan buaya itu berhasil ditangkap setelah pihaknya memasang jerat dengan umpan anak bebek. Dari umpan tersebut, buaya pun berhasil ditangkap pada Sabtu (5/9).

Berdasarkan hasil pemeriksaan petugas, buaya itu merupakan jenis buaya air tawar atau Crocodylus novaeguineae. Usianya diperkirakan masih remaja dengan panjang 1,64 meter.

"Dari hasil observasi diketahui bahwa jenisnya adalah buaya air tawar (Crocodylus novaeguineae), berkelamin jantan yang diperkirakan masih remaja dengan panjang tubuh 1,64 meter dan kondisinya sehat," terang Hotmauli.

Setelah ditangkap, buaya muara tersebut langsung dititipkan di konservasi mitra/binaan BBKSDA Sumut, yakni R Zoo & Park di Desa Bengabing, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai.

Sebelumnya, warga Dusun IV Gang Keluarga, Desa Kedai Durian, Deli Tua diresahkan dengan keberadaan seekor buaya yang sering terlihat di aliran Sungai Deli di kawasan tersebut.

Ketika buaya tersebut muncul ke permukaan, warga merekamnya dan kemudian mengunggahnya ke media sosial hingga menjadi viral.

Setelah itu, pihak BBKSDA Sumut melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk berhati-hati ketika beraktivitas di sekitar sungai.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US