Gubenur Sumut sebut Orang Tinghoa 'Tak Ada Niat Juara', Mantan Atlet Lindswell Protes
Mantan Atlet Wushu, Lindswell Kwok. / istimewa
News
Kota Medan

Gubenur Sumut sebut Orang Tinghoa 'Tak Ada Niat Juara', Mantan Atlet Lindswell Protes

Rabu, 16 Desember 2020 14:50 WIB 16 Desember 2020, 14:50 WIB

INDOZONE.ID - Mantan atlet Wushu kebanggaan tanah air yang sudah pensiun, Lindswell Kwok angkat bicara atas pernyataan Edy Rahmayadi dan menyebut orang Tionghoa 'tak ada niat juara dan cuma hanya makan'. 

Tidak hanya itu, Gubernur Sumut itu menyebut orang Tionghoa di China yang juara satu, sementara itu Tionghoa di Medan hanya makan. Lindswell tampaknya tersinggung dengan ucapan Edy Rahmayadi tersebut dan meminta orang nomor satu di Sumut lebih bijak lagi mengeluarkan pernyataan.

"Kepada Bapak Gubernur Sumut yang terhormat. Kalau kata-katanya diganti menjadi ingin lebih banyak atlet keturunan Tionghoa yang turun di PON mungkin lebih pantas ya pak," tulis Lindswell seperti yang dikutip INDOZONE, Rabu (16/12/2020).

Menurut Lindswell pernyataan 'jangan cuma makan aja' dinilai tak elok dikeluarkan seorang gubernur dengan menyinggung identitas etnisnya.

"Kalau gak ada kata2 'jangan cuma makan aja' juga sepertiya lebih pas dengan status Bapak sebagai Gubernur," beber Lindwell.

Lindwell yang kini telah jadi mualaf dan berhijab menyebutkan kalau ada atlet yang berprestasi, bahkan menyumbangkan mendali emas mulai dari ajang PON, Sea Games hinga Asian Games.

"Ada loh pak atlet Sumut Tionghoa yang turun di PON, Sea Games. Asian Games juga malah, bukannya Asian Games kemarin juga sudah tatap muka ya pak sama beberapa atlit?? Oh mungkin Bapak kira kami keturunan Korea," sebut Lindwell yang kini menikah dengan atlet Wushu.

Lindwell menyarankan Edy Rahmayadi untuk turun langsung ke lapangan untuk mencari kebenarannya sebelum menyampaikan di depan umum hingga tidak jadi blunder.

"Agar Bapak gak salah kaprah ada baiknya Bapak meninjau langsung ke lapangan, jadi ga hanya staff bapak yang tahu data. Bukan begitu netijen??" tanyanya. 

Lindswell Kwok sendiri merupakan atlet keturunan Tionghoa asal Sumut yang pernah mengharumkan nama bangsa Indonesia karena pernah pernah menyumbangkan emas baik di kejuaran nasional maupun internasional.

Sejumlah prestasi tingkat dunia bahkan pernah di raihnya seperti emas Kejurnas di Makassar 2009 dan PON Jabar 2016 begitu juga emas di Kejuaraan Dunia di Kanada 2009, Malaysia 2013, Indonesia 2015, Polandia 2016 dan Rusia 2017 juga pernah direngkuh.

Bahkan pada Asian Games 2018 terakhir di Jakarta dan Palembang, Lindswell Kwok merebut dua medali emas. Ia menjadi yang terbaik di nomor Taijiquan dan Taijijian.

Pernyataan Edy Rahmayadi soal 'orang Tionghoa cuma juara di China dan di Sumut makan aja' itu disampaikan saat pertemuan bersama pengurus KONI se-Sumut di Medan, Senin (14/12/2020) kemarin.

Saat itu Edy meminta KONI untuk mendatangi rumah hingga sekolah-sekolah Tionghoa untuk mencari bibit atlet Sumut berprestasi.

"Datangi rumah-rumah, sekolah Tionghoa itu. Olahraga apa yang orang itu buat, ada renang. Itu orang Tionghoa di China sana juara satu, orang Tionghoa di Sumatera Utara makan aja. Mana ini? Nggak ada niat juara. Ini yang saya ingin ngomong," jelasnya.


Menurut Edy jika ada yang sakit hati dengan ucapannya silahkan, namun dia mengingkinkan kalau atlel Sumut bisa berprestasi untuk PON 2024 saat jadi tuan rumah.

"Ada yang sakit hati, silakan aja kalian sakit hati terus. Pak Ketua KONI, saya mau setiap 6 bulan sekali laporkan ke saya apa perkembangan, tak boleh main-main. Ajang di Papua silakan, tapi itu merupakan pembelajaran untuk kesiapan 2024," sambungnya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. / istimewa
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. / istimewa
Tangkap layar insta stories Lindwell Kwok. (Instagram)
Tangkap layar insta stories Lindwell Kwok. (Instagram)

Artikel menarik lainnya: 

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US