Sembunyi di Kos-kosan, Buronan Kasus Korupsi PDAM Deli Serdang Akhirnya Ditangkap
Buronan kasus korupsi PDAM Tirtanadi Zainal Sinulingga ditangkap Kejati Sumut. (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Sembunyi di Kos-kosan, Buronan Kasus Korupsi PDAM Deli Serdang Akhirnya Ditangkap

Kamis, 17 Desember 2020 11:15 WIB 17 Desember 2020, 11:15 WIB

INDOZONE.ID - Zainal Sinulingga, buronan kasus dugaan korupsi penggunaan keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Cabang Deli Serdang tahun 2015 akhirnya ditangkap Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu).

Asintel Kejatisu Dwi Setyo Budi Utomo dalam keterangan resminya, Kamis (17/12) mengatakan bahwa tersangka Zainal ditangkap di kediamannya di Jalan Jamin Ginting, Pasar VI, Padang Bulan, Medan.

Sebelumnya, kata Dwi Setyo, tersangka sempat bersembunyi di sebuah kos-kosan di Kota Lhokseumawe, Aceh selama tiga bulan.

Sebelum ditetapkan sebagai DPO pada 5 Agustus 2020 lalu, tersangka sempat tiga kali mangkir dari panggilan penyidik.

Yang bersangkutan telah dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka sebanyak tiga kali, tetapi yang bersangkutan tetap mangkir tanpa ada keterangan, termasuk dari penasihat hukumnya. Hingga akhirnya Kejari Deli Serdang menetapkan tersangka sebagai DPO pada 5 Agustus 2020," jelas dia.

Untuk diketahui, Zainal ditetapkan menjadi tersangka terkait jabatannya sebagai mantan staf dan Kabag Keuangan PDAM Tirtanadi Deli Serdang pada Januari sampai April 2015.

Dia diduga telah menyelewengkan penggunaan keuangan PDAM Tirtanadi Deli Serdang yang menyebabkan kerugian negara mencapai Rp10,8 miliar.

Sementara itu, Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian mengatakan dalam kasus ini ada sebanyak tujuhorang yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Dari tujuh tersangka, lima di antaranya sudah putus di PN Tipikor Medan, yaitu Ahmad Askari, Bambang Kurnianto, Fahmiudin, Mustafa Lubis, dan Lian Syahrul. Kemudian tersangka Asran Siregar ditangkap pada Rabu (9/12) dan setelah Rakernas Kejaksaan 2020, satu orang tersangka lagi atas nama Zainal Sinulingga ditangkap satu minggu kemudian, tepatnya Rabu (16/12)," jelas Sumanggar.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US