Universitas Sumatera Utara Kembali Masuk Kluster 1 Daftar Pemeringkatan Perguruan Tinggi
Logo USU. (Dok. Istimewa)
News
Kota Medan

Universitas Sumatera Utara Kembali Masuk Kluster 1 Daftar Pemeringkatan Perguruan Tinggi

Senin, 17 Agustus 2020 17:33 WIB 17 Agustus 2020, 17:33 WIB

INDOZONE.ID - Universitas Sumatera Utara (USU) kembali tergabung di dalam kluster satu daftar pemeringkatan perguruan tinggi. Hal itu diumumkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof Nizam, dalam taklimat media secara daring, Senin (17/8).

Selain USU, ada 14 PTN lainnya yang juga tergabung dalam kluster satu, yakni IPB University, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Hasanuddin.

Selanjutnya, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Andalas, dan Universitas Negeri Malang.

"Klusterisasi ini bukanlah kompetisi, melainkan pengelompokkan perguruan tinggi berdasarkan perkembangannya, " ujar Prof Nizam.

Prof Nizam berharap, perguruan tinggi yang berada di kluster satu diharapkan dapat membina perguruan tinggi yang berada di kluster dua hingga lima.

Pada tahun 2020, jumlah perguruan tinggi yang berada pada kluster satu mengalami peningkatan, yakni sebanyak 15 PTN, sementara tahun 2019 hanya sebanyak 13 PTN.

Adapun aspek yang diperhatikan dalam klusterisasi ini di antaranya seperti aspek input, penerimaan mahasiswa, input proses pembelajaran, proses yang terjadi dalam pendidikan itu, Tri Dharma perguruan tinggi, output dari perguruan tinggi itu, hasil penelitian, paten, hingga hilirisasi hasil riset.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US