Resahkan Warga Aek Natas, Buaya Muara Dievakuasi Balai BKSDA Sumut
Resahkan Warga Aek Natas, Buaya Muara Dievakuasi Balai BKSDA Sumut (foto/istimewa)
News
Kab. Labuhanbatu Utara

Resahkan Warga Aek Natas, Buaya Muara Dievakuasi Balai BKSDA Sumut

Sabtu, 18 September 2021 11:11 WIB 18 September 2021, 11:11 WIB

INDOZONE.ID - Balai Besar Kawasan Sumber Daya Alam (KSDA) Sumtera Utara (Sumut) telah menganagani  konflik buaya muara yang meresahakan warga di Kelurahan Bandar Durian, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), Jumat (17/9).

Pasalnya, Humas BKSDA Sumut Handoko Hidayat, mengatakan hal tersebut bermula pada Kamis, (16/9) sekira pukul 15.00 WIB, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran mendapat laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhan Batu Utara, tentang telah diamankannya 1 (satu) individu Buaya Muara (Crocodylusporosus) di Kelurahan Bandar Durian, Kecamatan Aek Natas.

"Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran
segera mengutus tim guna mengamankan buaya tersebut. Di lokasi, tim pun segera
berkoordinasi dengan Kepala Lingkungan VIII Kelurahan Bandar Durian, Ahmad Bakti
Ritonga dan salah satu tokoh masyarakat, Abdul Gani Ritonga," kata Humas BKSDA Sumut Handoko Hidayat, Sabtu, (18/9/2021).

Sebelumnya, ia katakan penampakan Buaya Muara telah terlihat sekitar 1 minggu yang lalu di Sungai Aek Natas Kelurahan Bandar Durian di Lingkungan I. Penampakan buaya tersebut membuat masyarakat resah, mengingat tingginya aktifitas masyarakat dipinggir sungai.

"Atas keresahan tersebut, pada Kamis, 16 September 2021, masyarakat berinisiatif untuk menangkap satwa dimaksud dengan peralatan seadanya. Usaha ini kemudian membawa hasil dengan tertangkapnya buaya," uajrnya.

Setelah berhasil ditangkap, masyarakat segera melaporkan kepada Kelurahan dan BPBD Kabupaten Labuhan Batu Utara dan mengamankan buaya pada kolam milik salah satu warga, Abdul Gani Ritonga.

"Tak menunggu waktu lama, petugas Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran segera mengevakuasinya sementara di Kantor Seksi," pungkasnya.  

Selanjutnya, pada Jumat 17 September 2021, Buaya Muara yang panjangnya mencapai 143cm, dan lebar sekitar 26cm, dievakuasi dan dititipkan kelokasi penangkaran buaya mitra kerja Balai Besar KSDA Sumatera Utara, di Desa SimpangGambus,Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara.


Lanjutkan Amanah Almarhum Ayah, Ijeck Resmikan Masjid Al Musannif di Sergai
Menanti Janji Renovasi Rumah, Korban Prampokan Toko Emas Cemas
Dukung Zonasi PKL, P4B Yakin Pedagang Sejahtera

TAG
Aqmarul Akhyar

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US