Perhatian! Cuaca Panas Menyengat di Sumut Akan Berlangsung Hingga 25 Juli Mendatang
Ilustrasi suhu udara. (Istimewa)
News
Kota Medan

Perhatian! Cuaca Panas Menyengat di Sumut Akan Berlangsung Hingga 25 Juli Mendatang

Jumat, 23 Juli 2021 15:21 WIB 23 Juli 2021, 15:21 WIB

INDOZONE.ID - Cuaca panas menyengat di sebagian wilayah di Sumut diprediksi akan berlangsung selama sepekan ini atau hingga 25 Juli 2021.

BMKG Wilayah I Medan dalam keterangannya menyebutkan cuaca panas menyengat itu akan terjadi di beberapa daerah seperti Kota Medan, Deli Serdang, Langkat, Kaor, Tapanuli Selatan, Padangsidempuan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Padang Lawas Utara.

Adapun penyebab cuaca panas menyengat itu karena kondisi dinamika atmosfer monsoon Barat Daya (angin baratan) menguat dengan kecepatan berkisar antara 10-30 knot.

Lalu, massa udara melewati wilayah Sumut yang relatif kering itu memiliki kadar kelembapan berkisar antara 40-90 persen yang menyebabkan menurunnya pertumbuhan awan.

Dengan kondisi demikian, suhu udara di sebagian daerah di Sumut seperti yang sudah disebutkan berkisar antara 26 hingga 36 derajat Celcius untuk wilayah dataran rendah, pantai, dan perkotaan.

Sementara untuk wilayah pegunungan dan dataran tinggi, suhu udara berkisar antara 18-27 derajat Celcius.

Sebelumnya, cuaca panas menyengat dirasa warga Kota Medan pada Selasa (20/7) siang atau tepat pada saat perayaan Iduladha.

Dipantau melalui laman Weather.com, suhu udara di Kota Medan pada siang hari sekitar pukul 13.00 hingga 14.00 WIB mencapai 34 derajat Celcius.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US