Warga Pancurbatu Tolak Penutupan Jalan, Kalapas: Kami Sudah Sosialisasi
Kalapas Pancur Batu Haposan Silalahi. (Istimewa)
News
Kab. Deli Serdang

Warga Pancurbatu Tolak Penutupan Jalan, Kalapas: Kami Sudah Sosialisasi

Rabu, 29 September 2021 11:19 WIB 29 September 2021, 11:19 WIB

INDOZONE.ID - Warga Kampung Keling, Desa Tengah, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara menolak penutupan jalan yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pancur Batu. Penutupan itu sendiri dilakukan lantaran pihak lapas akan mendirikan bangunan baru. 

Terkait penolakan itu, Kepala Lapas (Kalapas) Pancur Batu, Haposan Silalahi angkat bicara. Ia mengatakan jalan yang digunakan warga Kampung Keling tersebut asalnya milik Kemenkumham yang sudah berstatus sertifikat hak milik (SHM).

Menurutnya, sejak puluhan tahun lahan itu tidak dimanfaatkan pihak lapas sehingga menjadi jalan alternatif warga. Ia pun mengaku sudah menyosialisasikan penutupan ini sebelumnya.

"Kami sudah sosialisasi ke warga. Ini kami lakukan untuk mengatasi kelebihan kapasitas lapas," katanya, Selasa (28/9/2021).

Selain itu, ia menambahkan jalan yang ditutup itu tidak membuat warga terisolasi karena masih ada jalan alternatif lain untuk warga keluar masuk kampung mereka.

Lagi katanya, sebelumnya warga Kampung Keling sudah menerima penutupan jalan itu. Namun diduga ada provokasi sehingga warga melakukan penolakan.

Sebagai informasi, bangunan Lapas Pancur Batu selama ini hanya sanggup menampung 143 warga binaan atau narapidana dan saat ini sudah dihuni 800 sampai 900 orang.

"Sehingga dengan penambahan bangunan lapas seluas 8.000 meter persegi, ke depan Lapas Pancur Batu dapat menampung sebanyak 1.500 warga binaan," pungkas Kalapas.


Artikel Menarik Lainnya:

Gercep, Dini Hari Bobby Sahuti Laporan Warga, Langsung Segel Lokasi Judi
Vaksin Harus Berbasis Sekolah, DPR RI: Biaya Swab Murid Bisa dari Dana BOS
Bisa Pulihkan Ekonomi Pandemi, Dana BOS Beredar di Medan Capai Rp 140 M


 

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US