Pembuang Sobekan Kertas Al Quran di Medan Ditangkap Polisi
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edison Isir saat memberikan keterangan pers di Mapolrestabes Medan. (Istimewa)
News
Kota Medan

Pembuang Sobekan Kertas Al Quran di Medan Ditangkap Polisi

Jumat, 14 Februari 2020 10:48 WIB 14 Februari 2020, 10:48 WIB

INDOZONE.ID - Polsek Medan Kota berhasil menangkap seorang pria berinisial DIM (44). DIM adalah pembuang sobekan Al Quran di Jalan Sisingamangaraja Medan beberapa hari lalu. Pelaku ditangkap Kamis (13/2/2020).

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Johnny Eddison Isir mengatakan pelaku ditangkap saat akan merobek dan membuang kertas Al Quran di Jalan Sisingamangaraja Medan dekat Masjid Raya Al Mashun.

"Tadi pagi, tersangka berhasil ditangkap oleh petugas Polsek Medan Kota bersama masyarakat saat hendak mau merobek, bawa dan nabur Al-Qur'an di jalanan dekat Masjid Raya Al Mashun, Medan," kata Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Johnny Eddison Isir dalam konferensi pers di Mapolrestabes Medan, Medan, Kamis (13/2/2020).

Isir memastikan bahwa sobekan kertas yang dibuang itu adalah lembaran Al Quran. Isir juga meyakini pelaku beraksi tidak seorang diri. Untuk itu, Polrestabes Medan masih terus melakukan pengembangan.

"Terkait potongan kertas bertuliskan huruf Arab itu positif adalah kitab suci Al Quran. Sejauh ini, kami yakin bukan tunggal. Ini seperti terstruktur. Kami yakin ada kelompok tertentu yang coba dan berupaya ganggu kondusifitas Kota Medan. Akan kami kembangkan. Tak ada tempat dan ruang yang coba ganggu kondusifitas Kota Medan," ujar Isir.

Isir menambahkan pelaku pada awalnya mengambil Al Quran dari Masjid Raya Al Mashun Medan. Al Quran itu kemudian dibawa ke kamar mandi dan kemudian disobek.

"Setelah disobek, dimasukkan ke kantong celana. Lalu, keluar menyeberang jalan dan kemudian ditebarlah di jalanan. Berkat masyarakat dan petugas kita berhasil menangkapnya. Sejauh ini, tersangka dalam kondisi sehat," sebut Isir.

Pelaku dijerat dengan Pasal 156 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. Dari tangan pelaku, petugas mengamankan sejumlah barang bukti seperti potongan lembaran Al-Qur'an, ponsel, uang tunai Rp750 ribu.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US