Menag Yaqut Imbau Masyarakat Gelar Salat Idulfitri di Rumah Masing-masing
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News
Nasional

Menag Yaqut Imbau Masyarakat Gelar Salat Idulfitri di Rumah Masing-masing

Rabu, 05 Mei 2021 09:50 WIB 05 Mei 2021, 09:50 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau masyarakat agar melaksanakan salat Idulfitri di rumah masing-masing. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang menjadi potensi penularan Covid-19.

"Salat Id hanya boleh dilakukan di zona hijau dan kuning itupun dengan protokol kesehatan dengan pembatasan 50 persen. Kita minta masyarakat untuk sebaiknya salat Id di rumah masing-masing saja enggak apa-apa," kata Yaqut melansir Antara, Rabu (5/5).

Menurut Yaqut, melaksanakan salat Idulfitri hukumnya sunah, sementara menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan adalah wajib. Untuk itu, dia menyarankan masyarakt untuk mendahulukan yang wajib ketimbang sunah.

"Karena salat Id hukumnya sunah, sementara menjaga kesehatan, menjaga keselamatan diri, keselamatan keluarga, dan lingkungan itu wajib," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Agama telah menerbitkan surat edaran tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri. Terdapat sejumlah kelonggaran yakni memperbolehkan kegiatan-kegiatan ibadah dengan kapasitas 50 persen ruangan untuk wilayah berzona hijau dan kuning.

Sementara wilayah yang masuk zona merah dan oranye, segala macam kegiatan ibadah dilarang karena khawatir bakal menyebabkan klaster baru penularan di masyarakat.

Artikel Menurut Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US