Memasuki Pekan Pertama 2021, 19 ribu Kali Petir Menyambar di Sumut
Kepala BMKG Stasiun Geofisika Deliserdang, Sumatera Utara Teguh Rahayu, Selasa (5/1/2021) sedang menunjukkan monitor pencatat iklim dam cuaca. (FOTO ANTARA/HO-Stasiun Geofisika Deliserdang)
News

Memasuki Pekan Pertama 2021, 19 ribu Kali Petir Menyambar di Sumut

Selasa, 05 Januari 2021 11:41 WIB 05 Januari 2021, 11:41 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan rekaman peralatan "lightning detector" di Stasiun Geofisika Kelas I Deliserdang, dalam dua pekan terakhir atau periode 21 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021, terjadi 19.223 kali sambaran petir di Sumatera Utara.

Kepala Stasiun Geofisika Deliserdang Teguh Rahayu di Medan, Selasa, (5/1/2021) mengatakan klasifikasi tingkat sebaran petir di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga kategori, yaitu dengan dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi.

Dikutip dari Antara, dari hasil rekaman lightning detector, pada periode dua pekan ini, daerah dengan kategori sambaran petir tinggi berada di Kabupaten Deliserdang.

Sedangkan daerah yang memiliki kategori sambaran petir sedang berada di daerah Karo, Langkat, Medan, Serdang Bedagai, dan Simalungun.

Sambaran petir dengan kategori rendah berada di wilayah Asahan, Batubara, Binjai, Dairi, Gunungsitoli, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat.

Kemudian Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Padangsidempuan, Pakpak Bharat, Pematang Siantar, Samosir, Sibolga, Tanjung Balai, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tebing Tinggi, dan Toba Samosir.

Teguh Rahayu meminta masyarakat yang berada di wilayah dengan tingkat aktivitas petir sedang dan tinggi, untuk meningkatkan kewaspadaan ketika berada di luar rumah, di atas gedung bertingkat, di dekat tower listrik atau antena, dan pepohonan yang tinggi.


Artikel menarik lainnya: 

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US