Wih, Vaksin Covid-19 Buatan Rusia yang Kedua 100%  Efektif Berdasarkan Hasil Uji Klinis
Botol berisi vaksin EpiVacCorona. (Rospotrebnadzor Federal Service for Surveillance on Consumer Rights Protection and Human Wellbeing via REUTERS)
News
Internasional

Wih, Vaksin Covid-19 Buatan Rusia yang Kedua 100% Efektif Berdasarkan Hasil Uji Klinis

Rabu, 20 Januari 2021 14:58 WIB 20 Januari 2021, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Vaksin Covid-19 buatan Rusia yang kedua dari Vector Institute, EpiVacCorona terbukti 100 persen efektif berdasarkan hasil uji klinis tahap pertama dan kedua.

Hal itu diumumkan oleh Badan pengawas kesehatan konsumen di Rusia, Rospotrebnadzor. Vaksin tersebut telah melalui uji klinis tahap I dan tahap II.

"Efektivitas vaksin ini dilihat dari tingkat efektivitas pada kekebalan tubuh dan kemampuannya mencegah penyakit," kata Rospotrebnadzor seperti dilansir dari Antara, mengutip TASS.

"Menurut hasil uji klinis tahap I dan tahap II, efektivitas EpiVacCorona terhadap kekebalan tubuh mencapai 100 persen," kata lembaga tersebut.

Uji klinis tahap I dan tahap II menguji keamanan vaksin dan memeriksa efek samping serta kemampuan vaksin menciptakan kekebalan pada tubuh. Uji coba itu melibatkan 100 relawan berusia 18-60 tahun.

Umumnya, evaluasi terhadap uji klinis tahap awal vaksin dilakukan dengan melihat hasil tes darah peserta. Namun pada uji klinis tahap III atau terakhir evaluasi dilakukan dengan mengamati tingkat penularan pada peserta uji klinis di kehidupan mereka sehari-hari.

Diketahui, Rusia mulai menguji coba EpiVacCorona pada November 2020. Vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksinasi massal mulai Maret 2021.

Rusia sejauh ini menempati urutan keempat untuk kasus positif Covid-19 terbanyak dunia dengan total 3.612.800 pasien positif. Jumlah korban jiwa akibat Covid-19 di Rusia mencapai 66.623 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU