Tak Hanya Kopi, Tanah Sipirok Tapsel yang Berhawa Sejuk Juga Subur Tanaman Kelapa Sawit
Tandan Buah Sawit (TBS) milik masyarakat Desa Bulu Mario, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan yang baru dipanen. (Antara)
News
Kab. Tapanuli Selatan

Tak Hanya Kopi, Tanah Sipirok Tapsel yang Berhawa Sejuk Juga Subur Tanaman Kelapa Sawit

Sabtu, 06 Maret 2021 14:16 WIB 06 Maret 2021, 14:16 WIB

INDOZONE.ID - Tanah Sipirok, Tapanuli Selatan yang berhawa sejuk tidak hanya subur untuk tanaman kopi maupun hortikultura lainnya, tetapi tanaman seperti kelapa sawit juga tak kalah suburnya.

"Biasanya kalau tidak musim trek, perbulannya hasil tandan buah sawit (TBS) bisa mencapai 13-15 ton/ha" kata Toga Mahaji Ritonga, dikutip dari Antara, Sabtu (6/3).

Musim trek dirasakan masuk Februari dan awal Maret 2021 hasil dari panen sawitnya itu dalam sepuluh hari di kisaran 3,5 - 4 ton per hektare (ha) atau turun 1-1,5 ton/ha.

Toga mengaku tidak menyangka ternyata hasil tanaman kelapa sawit di desanya yang berhawa sejuk cukup bagus.

"Saya satu-satunya warga desa yang  mencoba menanam sawit di daerah ini dulunya. Sekarang sudah diikuti beberapa warga lainnya. Karena mereka lihat hasilnya menjanjikan," ungkap dia.

Sekarang, luasan areal kebun sawit miliknya di Desa Bulu Mario, Sipirok, ada lebih kurang 30 ha. Dengan rincian 10 ha masuk berumur 12 tahun dan 20 ha  sudah berumur 5 tahun (berbuah pasir).

"Dari areal kebun sawit berumur 12 tahun TBS per-janjang bisa mencapai 21 kg bahkan lebih tinggi dari hasil kebun sawitnya yang ada di Kota Pinang, Labusel yang sudah belasan tahun, namun hasilnya paling 17 kg/janjang," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US