Tahanan Rutan Kabanjahe akan Segera Dikembalikan
Petugas gabungan menggiring narapidana pascakerusuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (12/2/2020). (ANTARA FOTO/Hasan)
News
Kab. Karo

Tahanan Rutan Kabanjahe akan Segera Dikembalikan

Selasa, 18 Februari 2020 11:45 WIB 18 Februari 2020, 11:45 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Sutrisman mengatakan pihaknya akan segera mengembalikan tahanan rutan Kabanjahe yang sebelumnya sempat dipindahkan pasca kerusuhan.

"Jika besok dapur itu sudah bisa hidup memasak, ya besok. Kalau ternyata sore ini sudah oke, mungkin malam ini. Jadi prinsip kamar itu sudah siap," katanya kepada wartawan usai pertemuan di Kantor Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara, Senin (17/2/2020).

Sutrisman mengatakan para napi yang akan dikembalikan ini merupakan para napi yang masih berstatus sebagai tahanan atau masih menjalani proses peradilan.

"Yang tinggal di rutan Kabanjahe adalah warga binaan yang statusnya masih tahanan yang sedang dalam proses peradilan, semua yang putus kita kirim ke luar," ujarnya.

Saat ini kondisi Rutan Kelas II B Kabanjahe sudah kondusif. Sejumlah ruangan yang sempat terbakar saat kerusuhan kini sudah diperbaiki.

"Yang terbakar hanya perkantoran, kalau ruang hunian itu utuh. Posisinya sudah siap huni, sudah dibersihkan, sudah kita cat ulang dan sedikit lagi saat ini proses pembuatan dapur darurat. Kalau soal perkantoran nanti kita pindah ke rumah dinas," ujarnya.

Sebelumnya, pasca kerusuhan yang terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (12/2/2020) sekitar pukul 12.00 WIB, sejumlah napi terpaksa dipindahkan ke sejumlah Polsek di jajaran Polres Tanah Karo dan Lapas lainnya di Sumut. Adapun napi yang dipindahkan berjumlah 410 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US