Jamin Keamanan, Tim Jibom Brimob Polda Sumut Sterilisasi 16 Gereja di Kota Medan
Personel Sat Brimob Polda Sumatera Utara melakukan sterilisasi di Gereja HKBP Sudirman, Kota Medan, Sumatera Utara (NTARA FOTO/Fransisco Carolio)
News
Kota Medan

Jamin Keamanan, Tim Jibom Brimob Polda Sumut Sterilisasi 16 Gereja di Kota Medan

Sabtu, 25 Desember 2021 09:45 WIB 25 Desember 2021, 09:45 WIB

INDOZONE.ID - Dalam rangka menjamin keamanan perayaan Natal, personel dari Tim Penjinak Bom (Jibom) Satuan Brimob Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) melakukan sterilisasi di 16 gereja yang ada di Kota Medan.

Wakasubden Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sumut, Iptu Budi Setiawan, mengatakan kegiatan sterilisasi tersebut dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan ibadah Natal.

"Kita lakukan menjelang Natal yaitu hari ini (Jumat (24 Desember 2021). Kiita lakukan pada gereja prioritas di Kota Medan," katanya seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Sabtu (25/12/2021).

Ia menjelaskan gereja prioritas yang dimaksud adalah yang memiliki banyak jemaat. 

"Ini gereja-gereja yang memiliki jemaat yang banyak," sambungnya. 

 
Adapun 16 gereja prioritas yang disterilisasi yakni Katolik Hayam Wuruk, GKPI Sriwijaya, GKPI Kompleks Pamen, Katolik ST Yosep, HKBP Sudirman, Katedral, Katolik Kristus Raja, Katolik ST Paulus Pasar Merah, GKPS Teladan.

"Sisanya gereja yang berbatasan dengan Deliserdang," ujarnya.

Sterilisasi itu sendiri dilakukan untuk memastikan gereja steril dari bahan yang membahayakan, sehingga memberikan rasa aman kepada para jemaat yang akan melakukan rangkaian ibadah Natal.

"Mudah-mudahan melalui sterilisasi ini, perayaan ibadah natal dapat berjalan lancar dan dapat membuat masyarakat lebih aman dan nyaman," pungkasnya.

Diketahui pada kegiatan sterilisasi itu, Tim Jibom membawa alat metal detector, senter dan alat deteksi bom lainnya.

Tim Jibom juga melakukan penyisiran di dalam gereja maupun di luar atau lingkungan yang akan digunakan untuk ibadah Natal.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU