Viral Video Momen Evakuasi Korban Tenggelam di Paropo Danau Toba
Video viral momen evakuasi korban tenggelam di Danau Toba, Dairi. (TikTok)
News
Kab. Dairi

Viral Video Momen Evakuasi Korban Tenggelam di Paropo Danau Toba

Selasa, 08 September 2020 10:29 WIB 08 September 2020, 10:29 WIB

INDOZONE.ID - Lagi-lagi, Danau Toba di Sumatera Utara memakan korban jiwa. Kali ini menimpa seorang perempuan bernama Syarifah warga Bagan Batu, Rokan Hilir, Riau. Dia tenggelam saat mandi-mandi di perairan Danau Toba dekat Paropo, Kabupaten Dairi.

DANAU TOBA
Danau Toba. (Pixabay)

Peristiwa itu diketahui berawal dari sebuah video viral yang diunggah oleh akun TikTok bernama @genkucing yang juga menjadi saksi dari kejadian tersebut, Senin (7/9). Dalam video, dia memperlihatkan momen saat warga dan pengunjung Danau Toba mengevakuasi jasad korban tenggelam.

Diceritakan genkucing, peristiwa itu terjadi Minggu pagi (6/9) sekira pukul 07.00. Saat itu, Syarifah tergabung dalam rombongan kantor yang berjumlah 14 orang. Mereka berangkat dari Kota Medan untuk berlibur ke Danau Toba di Paropo, Dairi.

"Jadi mereka ini adalah rombongan kawan-kawan kantor dari Medan, kurang lebih 14 orang," tulisnya.

Syarifah bersama dua temannya kemudian mandi-mandi di perairan Danau Toba. Berdasarkan pengakuan genkucing, saat itu dia sempat melihat ketiganya sedang bercanda saat mandi-mandi.

@genkucing

karna bnyak yg minta Cerita singkat kejadian tenggelam nya alm. syarifah di paropo danau toba ni aku critain lagi ya.. Alfatihah???????? #fyp

? original sound - All About Music ???? - All About Music ????

Namun karena keasyikan bercanda, mereka tidak sadar sudah melewati garis batas aman perairan Danau Toba. Mereka berenang ke perairan yang memiliki kedalaman 3 - 4 meter.

"Di saat mereka bercanda main bareng di danau, mereka enggak sadar kalau sudah melewati garis pantai atau danau yang dalamnya kurang lebih 3-4 meter," tulis genkucing dalam video.

Saat itu, dari kejauhan genkucing sudah melihat ketiganya seperti kesulitan berenang. Namun, dia dan orang-orang berada di lokasi kejadian masih mengira kalau mereka bertiga sedang bercanda.

Sampailah kemudian salah satu dari mereka berteriak meminta pertolongan kepada genkucing. Lalu dia pergi mencoba menyelamatkan ketiganya. Dua orang berhasil diselamatkan, sementara Syarifah sudah tenggelam dan tak terlihat lagi di permukaan air.

Dilanjutkan genkucing, korban berhasil ditemukan setelah kurang lebih 45 menit proses pencarian. Saat dievakuasi, keadaan tubuh korban sudah membiru dengan mulut berdarah serta hidung berbusa.

"Si korban bisa ditemukan kurang lebihh 45 menit-an dengan keadaan badan sudah biru, mulut berdarah dan hidung berbusa," tulis dia lagi.

Diakui genkucing, kedalaman Danau Toba, kondisi perairan yang gelap, serta rumput liar yang tumbuh di dasar danau membuat dirinya kesulitan saat mengevakuasi korban tenggelam.

Setelah berhasil dievakuasi, korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Namun sayang, nyawanya sudah tidak dapat diselamatkan lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US