Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Warga dan Wisatawan Dilarang Mendekati Zona Merah
Ilustrasi Erupsi Gunung Sinabung. / istimewa
News
Nasional

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Warga dan Wisatawan Dilarang Mendekati Zona Merah

Minggu, 03 Januari 2021 11:26 WIB 03 Januari 2021, 11:26 WIB

INDOZONE.ID - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat  Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali erupsi, Minggu (3/1/2021). Letusan itu terjadi sekitar pukul 09.34 wib.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra menyebutkan ketinggian kolom erupsi Gunung Sinabung capai 1.000 meter dari puncak. 

"Kolom abu terbawa embusan angin menuju barat laut," katanya.

Dia mengimbau agar warga dan wisatawan tidak memaksakan diri memasuki zona merah Gunung Sinabung. Karena aktivitas Gunung Sinabung masih sangat tinggi dan bisa erupsi secara tiba-tiba.

Masyarakat diminta menjauhi zona merah dengan jarak radius 5 km ke arah sektor Timur Tenggara, dan 4 km ke arah Timur Utara dari Puncak Gunung Sinabung.

“Saat ini Gunung Sinabung masih dalam status siaga, masih berpotensi erupsi dan meluncurkan awan panas," ungkapnya.

Untuk kesekian kalinya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara meletus. Letusan dengan tinggi kolom cukup tinggi. Letusan disertai suara gemuruh dan awan ke arah Tenggara 3,5 km dan Selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan Gunung Sinabung.

Warga yang tinggal di aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta untuk waspada karena banjir lahar dingin sewaktu-waktu bisa terjadi. 

"Kami juga mengimbau warga yang terpapar abu vulkanis untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan," katanya. 

Artikel menarik lainnya: 

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US