Sumut Peringkat 5 Kasus HIV/AIDS, Edy Rahmayadi akan Lakukan Ini
Ilustrasi HIV/AIDS (Pixabay/MicroStockHub)
News
Kota Medan

Sumut Peringkat 5 Kasus HIV/AIDS, Edy Rahmayadi akan Lakukan Ini

Kamis, 02 Desember 2021 15:40 WIB 02 Desember 2021, 15:40 WIB

INDOZONE.ID - Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Sumatera Utara (Sumut) mengungkap penderita HIV/AIDS di Provinsi Sumatera Utara berada pada posisi lima dengan penderita HIV/AIDS terbanyak di Indonesia. Jumlah penderita tersebut mencapai 13.150 jiwa dengan rincian 9.497 pria dan 3.069 wanita.

"Kita yang terbanyak ke lima. Di mana, rentan usia terbanyak itu berasal dari umur 19-49 tahun dengan total 11.627 orang atau 92 persen dari total penderita  keseluruhan di Sumut," ucap Ketua KPAD Sumut, Ikrimah Hamidy seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Kamis (2/12/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan berdasarkan data, laki-laki yang banyak menderita HIV/AIDS adalah pria yang memiliki uang dan mobilitas tinggi. Oleh sebab itu butuh penanganan khusus untuk mengatasi masalah ini. 

"HIV/AIDS perlu penanganan khusus, maka perlu diatur secara khusus dalam payung hukum," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan akan segera menetapkan rencana aksi daerah (RAD) pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Sumut. Sehingga daerah memiliki acuan kegiatan teknis dalam penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS.

Orang nomor satu di Sumut itu juga menuturkan, penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS memerlukan langkah yang konkret dan terukur.

“Ini kita perlu konkret, kita anggarkan ini,” kata Edy.

Oleh sebab itu, ia berjanji dalam waktu dekat akan segera mengumpulkan setiap pihak untuk dimintai masukan dan saran mengenai penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS di Sumut. Menurutnya, langkah tersebut sangat dibutuhkan agar percepatan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dapat tercapai.

Selain itu, ia mengharapkan pihak terkait agar mengedukasi masyarakat, jangan mengucilkan penderita atau Orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Berikan edukasi tentang AIDS ini, jangan kucilkan yang kena ini,” ucapnya.



Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US