5 Cara Merawat Kucing agar Tetap Sehat dan Berumur Panjang
Ilustrasi kucing peliharaan (Pixabay)
News
Nasional

5 Cara Merawat Kucing agar Tetap Sehat dan Berumur Panjang

Jumat, 22 Oktober 2021 09:45 WIB 22 Oktober 2021, 09:45 WIB

INDOZONE.ID - Kucing peliharaan seringkali membuat kita merasa punya anggota keluarga tambahan. Rasa sayang kepada mereka membuat kita tidak rela jika mereka sakit atau bahkan mati.

Karena itulah kita ingin melakukan cara terbaik dalam merawat mereka. Nah, mengutip dari Medcom.id, berikut ini lima cara yang perlu kamu lakukan untuk merawat kucing kesayangan agar tetap sehat dan berumur panjang.

1. Beri imunisasi
Memelihara kucing tidak hanya soal memberikan makan. Kesehatan tubuh mereka juga harus diperhatikan.

Dokter hewan dan manajer senior di PetSmart Charities, Amanda Landis-Hanna mengatakan imunisasi atau vaksinasi pada kucing sangat direkomendasikan agar mereka sehat dan berumur panjang.

2. Jaga kucing tetap di dalam rumah 
Dokter hewan Matthew McCarthy, sekaligus pemilik Juniper Valley Animal Hospital di New York mengatakan bahwa sebaiknya kamu menjaga agar kucing tidak keluar rumah.

Sebab ketika berada di luar rumah, risiko kucing dalam bahaya akan sangat besar. Mereka berpeluang mengalami kecelakaan di jalan, bertengkar dengan hewan lainnya ataupun terekspos penyakit infeksi. 

3. Pastikan kucing mendapatkan cukup air
Sangat penting untuk memastikan kucingmu tetap terhidrasi dengan memberikan mereka akses yang cukup terhadap air terutama ketika mereka membutuhkannya. 

Hal ini dikarenakan pada alam liar, kucing minum air di lokasi yang berbeda dengan makanan mereka. Dengan begitu, pastikan kamu menyediakan minuman di berbagai lokasi yang dijauhkan dari makanan mereka.

4. Sediakan tempat kotoran yang cukup banyak 
Memperhatikan hal yang satu ini juga sangat penting dilakukan. Sebab kucing biasanya lebih memilih untuk menggunakan tempat kotoran atau litter box dari kucing lainnya.

Oleh karena itu menyediakan litter box yang cukup adalah kunci. Sediakan dua litter box untuk setiap kucing atau idealnya, litter box sebaiknya disebar di seluruh rumah.

5. Perhatikan perkembangbiakannya
Sarah Ochoa, seorang dokter hewan dan konsultan untuk Dog Lab mengatakan bahwa pemilik kucing sebaiknya melakukan steril terhadap kucing-kucing mereka untuk mencegah kelahiran yang tidak diinginkan. Hal ini penting agar kualitas kehidupan kucing lebih terjamin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US