Sudah Disuntik Vaksin Covid-19, Masih Perlukah Lakukan Protokol Kesehatan?
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (REUTERS)
News
Nasional

Sudah Disuntik Vaksin Covid-19, Masih Perlukah Lakukan Protokol Kesehatan?

Minggu, 27 Desember 2020 10:56 WIB 27 Desember 2020, 10:56 WIB

INDOZONE.ID - Bagi seseorang yang telah disuntikkan vaksin Covid-19, apakah masih perlu untuk melakukan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19?

Mengutip Antara, Minggu (27/12), Internis di University of Illinois School of Public Health, Jay Bhatt dan dokter di Massachusetts, Shazia Ahmed mengatakan bahwa protokol kesehatan masih menjadi cara utama untuk mencegah infeksi dan penularan virus.

Misalnya, dengan mengenakan masker di wajah, hal itu dapat mengurangi risiko infeksi hingga 70 persen.

Menurut mereka, vaksin dapat mengajarkan tubuh untuk berhasil melawan virus tanpa merasakan sakit. Tentu saja, hal itu berbeda dengan langkah-langkah kesehatan masyarakat, yang mengandalkan pengurangan paparan virus.

Jadi, untuk mengatasi pandemi secara efektif, semua orang harus tetap melakukan protokol kesehatan dan mendukung kampanye vaksinasi.

Di sisi lain, ada alasan mengapa kita perlu terus memakai masker selama dan setelah vaksinasi, salah satunya vaksinasi tidak memberikan kekebalan instan.

Vaksin Pfizer, BioNTech dan Moderna membutuhkan dua dosis yang diberikan dengan jarak dua minggu. Bergantung pada vaksinnya, perlu waktu empat hingga enam minggu sejak pemberian dosis awal untuk mencapai tingkat kekebalan dan perlindungan yang sebanding seperti dalam uji klinis. Selama waktu ini, kamu masih mungkin tertular infeksi dan jatuh sakit.

Lebih lanjut, uji coba vaksin tidak melacak apakah peserta memakai masker. Mengingat kurangnya data, tidak jelas apakah kemanjuran vaksinasi ada hubungannya dengan peserta uji coba vaksin yang mengikuti langkah-langkah keamanan kesehatan masyarakat, seperti memakai masker.

Alasan lainnya, ada kemungkinan penyedia layanan kesehatan tidak meniru uji klinis terkontrol. Faktor-faktor seperti bagaimana vaksin disimpan, diangkut, diberikan dapat menentukan keefektifan vaksin.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US