Bikin Penasaran, Ada Al-Quran Tertua Dipamerkan di MTQ ke-37 Sumut
Seorang pengunjung sedang melihat manuskrip Al-Quran tertua di Indonesia yang dipamerkan di Pameran Mushaf Al-Quran Kuno oleh Museum Sejarah Al-Quran Sumut di MTQ ke-37 Sumut di Tebing Tinggi. (Dok. Istimewa)
News
Kota Tebing Tinggi

Bikin Penasaran, Ada Al-Quran Tertua Dipamerkan di MTQ ke-37 Sumut

Jumat, 11 September 2020 14:09 WIB 11 September 2020, 14:09 WIB

INDOZONE.ID - Ada hal menarik lainnya dari ajang MTQ ke-37 Tingkat Sumatera Utara (Sumut) yang dihelat di Tebing Tinggi dari tanggal 5 - 11 September 2020, yakni adanya Pameran Mushaf Al-Quran Kuno.

Dalam pameran tersebut, terdapat manuskrip Al-Quran tertua di Indonesia yang sudah berusia 372 tahun. Selain itu, ada juga koin dirham dari zaman Kekhalifahan Islam Dinasti Umayyah dengan inskripsi dibuat tahun 79 Hijriah.

"Ini merupakan bagian dari hasil penelitian Balai Arkeologi Sumatera Utara. Awal tahun 2020 ditemukanlah koin dirham kuno peninggalan Dinasti Umayyah di Kabupaten Tapanuli Tengah, kemudian disimpan di Museum Alquran Sumut dan Museum Uang Sumatera Utara. Ini baru pertama kali dipamerkan," ujar penanggung jawab pameran, Susanti melansir Antara, Jumat (11/9).

Pameran tersebut merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tebing Tinggi dengan Museum Sejarah Al-Quran Sumut.

Kata Susanti, antusiasme pengunjung terhadap pameran tersebut juga tinggi. Sedikitnya, ada sekitar 100 hingga 150 orang yang mengunjungi pameran.

"Banyak yang tertarik dan penasaran tentang Mushaf Alquran Kuno. Soalnya ini pertama kalinya kita adakan pameran di luar Kota Medan. Yang paling ramai saat sore hingga malam. Ada yang datang dari Medan hingga Asahan, rata-rata pengunjung sebanyak 100-150 orang per harinya," jelas dia.

Terkait dengan adanya koin dirham Kekhalifahan Umayyah di pameran tersebut, sejarawan Sumut Ichwan Azhari mengatakan hal itu menjadi bukti bahwa peradaban Islam abad ke-7 sudah sampai ke Sumut.

"Koin Dinasti Bani Umayyah dan Abbasiyah abad 7-8 Masehi (abad 1-2 Hijriah) secara mengejutkan ditemukan masyarakat tahun 2019 di Kabupaten Tapanuli Tengah. Saat ini puluhan koin Umayyah dan Abbasiyah dikoleksi dua museum di Medan, yakni Museum Uang Sumatera Utara dan Museum Alquran Sumut," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU