Gunung Sinabung di Karo Muntahkan Lava Pijar 30 Kali per Hari, Masyarakat Diminta Waspada
Guguran lava dari puncak Gunung Sinabung terlihat dari di Desa Tigapancur, Simpang Empat, Karo, Sumatera Utara, Kamis (25/2). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
News
Kab. Karo

Gunung Sinabung di Karo Muntahkan Lava Pijar 30 Kali per Hari, Masyarakat Diminta Waspada

Rabu, 03 Maret 2021 13:32 WIB 03 Maret 2021, 13:32 WIB

INDOZONE.ID - Pasca erupsi pada Selasa (2/3), aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo masih tinggi.

Tercatat hingga Rabu (3/3) dini hari, gunung berapi tersebut memuntahkan lava pijar sebanyak 30 kali sejauh 1.000 meter ke arah timur tenggara.

Oleh karena itu, masyarakat sekitar diminta untuk tidak memasuki zona merah dan selalu memakai masker saat berada di luar rumah.

Mengutip Antara, Rabu (3/3), Kepala Satuan Tugas Pos Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Sinabung, Ling Kusnadi mengatakan aktivitas tersebut diikuti dengan intensitas kegempaan yang meningkat di sekitar kawah Sinabung.

Selain itu, kuba lava di puncak juga masih tercatat besar, sehingga potensi awan panas guguran susulan bisa kapan saja terjadi pada gunung yang berstatus siaga atau level tiga itu.

Oleh karenanya, masyarakat sekitar diimbau tetap menjauhi zona merah minimal sejauh tujuh kilometer dan tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah.

"Sebelumnya pada Selasa 2 Sinabung tercatat mengeluarkan awan panas guguran berulang kali dengan kolom abu tertinggi mencapai lima ribu meter," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US