8.000 Calon Jamaah Haji Asal Sumut Batal Berangkat Menyusul Kebijakan Pemerintah
Pelaksanaan ibadah Haji 2020 di tengah pandemi virus corona. (Saudi Ministry Media of Saudi via REUTERS)
News
Kota Medan

8.000 Calon Jamaah Haji Asal Sumut Batal Berangkat Menyusul Kebijakan Pemerintah

Sabtu, 05 Juni 2021 10:49 WIB 05 Juni 2021, 10:49 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi memutuskan tidak memberangkatkan haji tahun 2021. Kebijakan itu memastikan ada sekitar 8.000 calon jamaah haji asal Sumatera Utara (Sumut) batal berangkat pada tahun ini.

"Sebagian sudah ada yang melunasi dan ada yang belum, ada juga yang sudah siap, tapi karena ini sudah jadi ketentuan dari pemerintah," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumut Syahrul Wirda melansir Antara, Sabtu (5/6).

Syahrul mengatakan calon jamaah haji yang seharusnya berangkat pada tahun ini adalah jamaah haji yang mengalami penundaan keberangkatannya pada tahun 2020 lalu.

Dia menegaskan bahwa Arab Saudi masih belum membuka negaranya untuk perjalanan ibadah haji dan umrah.

"Untuk haji itu tak ada satupun negara yang dibuka oleh Arab Saudi," ucap dia.

Syahrul mengatakan pemerintah akan terus memberikan usaha yang terbaik untuk para calon jamaah haji. Untuk itu, dia berharap masyarakat tidak perlu khawatir.

Pemerintah sendiri sangat terbuka bagi calon jamaah haji yang hendak mengambil uang haji yang telah disetor. Namun Syahrul menyarankan agar calon jamaah haji tidak mengambil uang yang disetorkan.

"Kalau kita sarankan janganlah ambil uang itu. Tunggu aja nanti yang sudah menyiapkan untuk ibadah itu. Kalau tak sampai, nanti ada kebijakan pemerintah boleh diganti dengan keluarga," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU