Bangun Pusat Riset Herbal di Danau Toba, Luhut Pandjaitan Gandeng Dua Kampus China
Danau Toba, Sumatera Utara. (Pixabay)
News
Nasional

Bangun Pusat Riset Herbal di Danau Toba, Luhut Pandjaitan Gandeng Dua Kampus China

Senin, 21 Desember 2020 18:34 WIB 21 Desember 2020, 18:34 WIB

INDOZONE.ID - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana akan membangun pusat riset tanaman herbal di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

"Dari Pak Luhut, inisiatif pribadi beliau, beliau akan buat sekitar 500 hektare di Toba untuk kebun herbal," kata Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Maritim dan Investasi Septian Hario Seto melansir Antara, Senin (21/12).

Untuk mendukung rencana tersebut, kata Seto, Luhut akan menggandeng dua universitas asal China yang terkenal akan riset tanaman herbalnya, yakni Zhejiang Chinese Medical University dan Yunnan University.

Selain itu, Luhut juga akan mengundang produsen obat herbal eksisting seperti Dexa-Medica atau perusahaan lainnya untuk ikut melakukan kerja sama riset.

"Mungkin nanti akan mengundang produsen-produsen herbal yang sudah ada seperti Dexa-Medica karena kami sudah komunikasi dengan dua universitas di Tiongkok yang sangat terkenal untuk penelitian riset herbalnya," jelasnya.

Setor menuturkan, salah satu universitas yang rencananya akan digandeng, yakni Zhejiang University, telah mengembangkan sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligent/AI) di mana dengan mengetahui kandungan tanaman herbal dan mengombinasikannya dengan herbal lainnya, sistem tersebut akan bisa mengetahui manfaat herbal tersebut untuk pengobatan penyakit tertentu.

"Jadi sudah sangat advance (maju) di sana risetnya. Ini yang Pak Menko (Luhut) dorong. Beliau harap ini segera terealisasi karena saya pikir kita tidak kalah potensi herbalnya dibandingkan dengan Tiongkok," kata Seto.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US