Tjahjo Kumolo Klaim Sistem CPNS tak Mungkin Ditembus, Walau Berapapun Bayarannya
Ilustrasi CPNS. / istimewa
News
Nasional

Tjahjo Kumolo Klaim Sistem CPNS tak Mungkin Ditembus, Walau Berapapun Bayarannya

Rabu, 24 Maret 2021 16:13 WIB 24 Maret 2021, 16:13 WIB

INDOZONE.ID - Komisi II DPR RI menanyakan persiapan antisipasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam menghadapi calo saat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo menjelaskan, sejatinya sistem penerimaan CPNS kini tak akan bisa ditembus oleh siapapun termasuk calo. Walaupun calo tersebut memberikan bayaran dengan nilai yang tinggi

"Sebenarnya enggak mungkin ini, sistemnya enggak mungkin sebenarnya. Orang mau bayar berapapun enggak akan mungkin,” kata Tjahjo dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Rabu (24/3/2021).

Karena itu mengenai urusan calo tak mungkin bisa meloloskan orang-orang titipan untuk masuk seleksi CPNS. Hanya saja, dia mengaku modus calo sangatlah beragam.

 Tjahjo Kumolo. / istimewa
Tjahjo Kumolo. / istimewa

"Tapi untuk calo sangat sulit Pak, karena modusnya macem-macem dan dengan hormat yang ditangkap itu juga mantan PNS, yang punya jaringan. Ini ya, di PAN RB dan di BKN tidak memperkuat rambu-rambu itu loh," tutur Tjahjo.

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa jajaran Kemenpan-RB agar tak bermain soal seleksi CPNS ini. Dikarenakan jika ketahuan, maka akan langsung dipecat.

"Jadi sulit untuk kita bermain, karena sanksinya kalau ketahuan ya akan kita pecat jika ada yang bermain," pungkasnya.

Sebelumnya Tjahjo Kumolo yang menyebut bakal banyak calo bergentayangan jelang seleksi CPNS. Demikian dikatakan Tjahjo dalam rapat kerja bersama dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US