Duh! Musim Hujan Bikin Harga Kebutuhan Pokok di Sumut Mengalami Kenaikan
Ilustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
News
Kota Medan

Duh! Musim Hujan Bikin Harga Kebutuhan Pokok di Sumut Mengalami Kenaikan

Selasa, 27 Oktober 2020 14:41 WIB 27 Oktober 2020, 14:41 WIB

INDOZONE.ID - Memasuki musim penghujan membuat sejumlah harga kebutuhan pokok di Sumatera Utara (Sumut) mengalami kenaikan.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan, Gunawan Benjamin kepada wartawan, Selasa (27/10) mengatakan sejumlah harga kebutuhan pokok pada bulan Oktober ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Misalnya harga cabai merah, kata Gunawan, harga cabai merah mengalami kenaikan yang paling tinggi dibandingkan dengan harga komoditas lainnya.

Disebutkannya, pada bulan Oktober ini harga cabai merah rata-rata naik 32 persen. Kemudian, disusul dengan harga bawang merah yang naik 5,5 persen, minyak goreng naik 5 persen, dan harga daging ayam naik sekitar 3,7 persen.

Kendati demikian, ada kebutuhan pokok lainnya yang justru mengalami penurunan, misalnya harga bawang putih yang turun sekitar 3,7 persen.

"Kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat dipicu oleh banyak hal. Kalau cabai, bawang ini lebih banyak dipengaruhi oleh faktor cuaca," ujar Gunawan.

Dikatakan Gunawan, intensitas hujan yang tinggi saat ini membuat jalur distribusi kebutuhan pokok menjadi terhambat. Tidak hanya itu, dari sisi pertumbuhan produksi juga mengalami hambatan.

Tidak hanya Sumut, faktor cuaca juga mempengaruhi distribusi kebutuhan pokok yang berasal dari luar wilayah Sumut.

"Untuk Bawang merah juga demikian, bawang banyak di-supply dari Sumatera Barat dan wilayah Jawa," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US