Sempat Sandang Predikat Kota Terjorok, Pemkot Optimis Medan Segera Tinggalkan Gelar Itu
Ilustrasi penampakan Kota Medan (Instagram/Suma_art)
News
Kota Medan

Sempat Sandang Predikat Kota Terjorok, Pemkot Optimis Medan Segera Tinggalkan Gelar Itu

Jumat, 03 September 2021 15:27 WIB 03 September 2021, 15:27 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah kota (Pemkot) optimistis Medan segera dapat melepaskan predikat kota metropolitan paling jorok berdasarkan penilaian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2019 lalu.

"Predikat kota terjorok itu karena penilaian Adipura adalah kondisi TPA (Tempat Pembuangan Akhir) berbobot 60 persen," ucap Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Husni, Kamis (2/9/2021).

Saat ini, lanjut dia, penilaian Adipura dilakukan berdasarkan Kebijakan dan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstrada).

Dalam Jakstrada, 30 persen di antaranya pengelolaan sampah dilakukan di hulu, sedangkan 70 persen lainnya di hilir.

"Pengelolaan sampah ini dibuat tata kelola hulu dan hilir. Jika Jakstrada bagus, maka kita memenuhi ambang batas penilaian. Sebab pengelolaan sampah di hulu menghilangkan 20 hingga 30 persen sampah," terangnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan, saat ini pengelolaan sampah terpadu di Kota Medan dilakukan dari tingkat rumah tangga, tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST), hingga TPA.

"Pengelolaan sampah terpadu ini dilakukan untuk mengurangi sampah masyarakat sebelum diangkut ke TPA. Kita optimis, langkah-langkah terukur Pak Wali Kota bisa membuat Kota Medan bersih dari sampah," ungkap Husni.

Pengelolaan sampah di TPA Terjun, Medan Marelan diketahui saat ini juga sudah menggunakan sistem "sanitary landfill" dengan bioteknologi menunjukkan hasil yang signifikan.

"Gunungan sampah berkurang dan bau tidak sedap dari tumpukan sampah mulai berkurang. Gunungan sampah pertama sudah hilang dan kini memasuki gunungan sampah kedua," tutupnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Viral Video Gua Berisi Serpihan Emas, Ini Penjelasan Camatnya
Duh! Pedagang Wanita Ini Nekat Buka Baju Gegara Protesnya Diabaikan
Walkot Pematang Siantar Tak Peduli Dampak PPKM, Puluhan Pedagang Gelar Aksi Unjuk Rasa
 

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US