Wapres Ma'ruf Amin: Vaksin Itu Perintah Agama, Bukan Sunnah Tapi wajib Hukumnya
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat meninjau vaksìnasi di Ponpes An-Nawawi Tanara, Serang, Banten, Kamis (19/8/21)/Instagram/Kyai_Marufamin)
News
Nasional

Wapres Ma'ruf Amin: Vaksin Itu Perintah Agama, Bukan Sunnah Tapi wajib Hukumnya

Minggu, 22 Agustus 2021 16:28 WIB 22 Agustus 2021, 16:28 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut vaksìnasi COVlD-19 merupakan perintah agama sebagai langkah ikhtiar untuk mencegah wabah penyakit menular. Terlebih, ulama terdahulu telah memberikan petunjuk mengenai hal itu

"Ini juga masalah perintah agama, jadi kalau masih ada orang yang masih belum (yakin) dengan pemahaman yang keliru, bahwa seakan-akan dia harus pasrah pada takdir, itu iya, tetapi juga diperintah untuk berusaha berikhtiar untuk mencegah terjadinya penyakit atau mengobati," jelasnya saat meninjau vaksìnasi di Ponpes An-Nawawi Tanara, Serang, Banten, Kamis (19/8/21). 

Menurut wapres, berdasarkan penjelasan Syekh Nawawi Al-Bantani dalam kitabnya, disebutkan bahwa menjaga diri dari kemungkinan datangnya bahaya adalah wajib.

Maka jika dimaknai secara kontekstual, menjaga diri dari wabah COVlD-19 adalah suatu kewajiban karena dampak virus tersebut sangat berbahaya. Vaksìnasi adalah satu upaya untuk pencegahan di samping kewajiban menjalankan protokol kesehatan.

"Wajib hukumnya. Bukan sunnah lagi, tapi wajib," tegasnya.

Selain petunjuk dari ulama, kewajiban menjaga diri dari wabah juga termaktub dalam tujuan syariah (maqashid syariah), di mana salah satu poinnya adalah hifdzun nafs (menjaga jiwa).

"Oleh karena itu, vaksìnasi dan melaksanakan prokes dan semua upaya pengobatan, itu bukan hanya soal kewajiban sebagai bangsa, sebagai warga bangsa, tapi kewajiban agama. Jadi kalau ada yang masih tidak paham, ini apalagi di dunia pesantren, ini sudah ada petunjuk dari para ulama. Kesimpulan kita, kita berusaha akhirnya nanti kita serahkan kepada Allah SWT. Berusahanya wajib, pasrahnya juga wajib," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

BMKG Imbau Warga Sumut Waspadai Potensi Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan
Musim Hujan, Walkot Tebing Tinggi Ingatkan Warga Bantaran Sungai Waspada Banjir
Operasi Amole 2021, Polda Sumut Kirim 203 Personel Brimob ke Papua

Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US