Dampak Corona, 1.689 Penumpang Kereta Api di Sumut Batalkan Tiket
Petugas KAI Sumut mengatur tempat duduk penumpang untuk menerapkan "physical distancing". (ANTARA/Evalisa Siregar)
News
Kota Medan

Dampak Corona, 1.689 Penumpang Kereta Api di Sumut Batalkan Tiket

Rabu, 08 April 2020 14:00 WIB 08 April 2020, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Meluasnya penyebaran wabah corona (Covid-19) membuat banyak calon penumpang kereta api membatalkan keberangkatan.

Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut mencatat sebanyak 1.698 calon penumpang membatalkan pesanan tiketnya, termasuk untuk mudik Lebaran tahun 2020.

"Manajemen PT KAI Sumut memang melakukan program pengembalian secara utuh uang tiket calon penumpang kereta api yang dibatalkan keberangkatannya mulai 23 Maret sampai 4 Juni 2020,” kata Vice President PT KAI Sumut Daniel Johannes Hutabarat di Medan, Selasa (7/4/2020).

Seperti diketahui, pembatalan tiket dan perubahan jadwal keberangkatan dapat dilakukan calon penumpang di loket stasiun yang sudah ditentukan atau melalui aplikasi KAI Access.

Selain itu, manajemen PT KAI juga mengurangi perjalanan KA jarak menengah maupun jarak lokal guna mendukung kebijakan pemerintah dalam physical distancing  untuk antisipasi Covid-19.

Pengurangan secara bertahap sesuai dengan perkembangan wabah Covid-19 tentu berimbas pada jumlah penumpang yang turun drastis.

“Biasanya, ada sekitar 12.000 penumpang per hari di akhir pekan. Namun, sejak minggu kedua Maret berangsur berkurang, bahkan di akhir Maret jumlahnya di bawah 30 persen,” tambah Daniel.

Adapun perjalanan KA yang dikurangi, yakni rute Medan-Rantauprapat (pergi pulang) sebanyak empat perjalanan, Medan-Tanjungbalai (4), KA Medan-Siantar (2), dan Medan- Binjai 12 perjalanan.

Sedangkan untuk KA Putri Deli yang dikurangi, antara lain, KA Putri Deli (U63) pukul 08.20 WIB relasi Tanjungbalai-Medan terhitung mulai  7 hingga 30 April 2020 dan KA Putri Deli (U68) pukul 19.00 WIB (Medan-Tanjungbalai) dengan periode yang sama.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US