Banjir 14 Desa Bikin Aktivitas Masyarakat di Aceh Barat Terhenti, Ratusan Rumah Terendam
Warga melitasi genangan banjir yang terjadi di kawasan Desa Napai, Kecamatan Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Selasa (30/3/2021). (ANTARA/HO-Dok. Pemkab Aceh Barat)
News
Nasional

Banjir 14 Desa Bikin Aktivitas Masyarakat di Aceh Barat Terhenti, Ratusan Rumah Terendam

Selasa, 30 Maret 2021 20:37 WIB 30 Maret 2021, 20:37 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 14 desa di tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Barat sepanjang Selasa (30/3) terendam banjir mencapai sekitar satu meter.

Akibatnya, ratusan rumah warga di kawasan ini terendam banjir sehingga aktivitas masyarakat di daerah tersebut terhenti.

“Musibah banjir ini akibat meluapnya aliran sungai karena derasnya guyuran hujan,” kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Mahsuri di Aceh Barat, Selasa (30/3/2021) dikutip dari Antara.

Adapun desa yang terendam banjir tersebut meliputi Desa Napai, Blang Luah dan Alue Leuho Kecamatan Woyla Barat Kabupaten Aceh Barat.

Kemudian Desa Blang Dalam, Buket Meugajah, Blang Makmu, Gampong Baro KB, Tuwi Eumpeuk, Alue Seuralen, Blang Luah, serta Rambong Pinto Kecamatan Woyla Timur.

Sedangkan di Kecamatan Arongan Lambalek meliputi dua desa yakni Karang Hampa dan Gunong Pulo.

Ia juga menjelaskan banjir turut melumpuhkan arus transportasi antar kecamatan di daerah ini, karena ruas jalan kabupaten ikut terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 centimeter.

Meski sudah merendam 14 desa di Kabupaten Aceh Barat, kata dia, pihaknya hingga Selasa petang pihaknya masih terus berupaya melakukan pendataan guna memastikan jumlah masyarakat yang terdampak banjir.

Selain itu, pendataan dilakukan guna memudahkan pemerintah daerah melakukan penanggulangan dan penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak.

Mashuri juga memastikan hingga Selasa sore belum ada warga yang terdampak banjir di Aceh Barat yang mengungsi akibat musibah ini.
 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU